PENERAPAN E-LKPD BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTSN BARRU
(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.35901
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdjul, T., & Ntobuo, N.E. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7(3), 26-31.
Amir, H., Amida, N., Elvia, R., dkk. (2021). Pelatihan LKPD Elektronik Berbasis Virtual Laboratory PhET Bagi Guru Kimia Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 1(2), 36-39.
Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggan Tahun Pelajaran 2016/2017. JOEI: Journal of Education and Instruction, 1(1), 42-50.
Fitriasari, D. N., & Yuliani. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbantuan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 510-522
Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 14-22.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.
Hamadi, A. A., Priyayi, D. F., & Astuti, S. P. (2018). Pemahaman Pendidik Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Penerapannya dalam Pembelajaran IPA SMP Salatiga. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 6(2), 42-53.
Humairah, N.I., Khaeruddin., & Yani, A. (2021). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Virtual Lab Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). 17(2), 104-112
Lailiah, I., Wardani, S., Sudarmin., & Sutanto, E. (2021). Implementasi Guided Inquiri Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Redoks dan Tata Nama Senyawa Kimia. jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 15(1), 2792-2801.
Rosyida, B. F., & Nurita, T. (2018). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pemisahan Campuran Melalui Pembelajaran Guided Inquiry. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 6(2), 421-425.
Sakdiah., Mursal., & Syukri, M. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan KPS Materi Listrik Dinamis Siswa SMP. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1), 41-49.
Saleh, S. Y., Muhiddin, N. H., & Rusli, M. A. (2020). Studi Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 72-86.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Suwardani, Asrial, & Yelianti, U. (2021). Analisis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 185-194.
Tiro, M. A. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.
Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran daring. Pensa e-jurnal : pendidikan sains, 9(3), 378-385.
Article Metrics
Abstract view : 210 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.