PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SSCS TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, DAN PROSEDURAL MATERI SISTEM PERNAPASAN

Amalia Lestari(1*), Endang Widi Winarni(2), Neni Murniati(3), Bhakti Karyadi(4), Irwandi Ansori(5),

(1) Universitas Bengkulu
(2) Universitas Bengkulu
(3) Universitas Bengkulu
(4) Universitas Bengkulu
(5) Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.35577

Abstract


LKPD digunakan sebagai suatu bahan ajar yang dapat membantu dan mempermudah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur, kelayakan dan kepraktisan LKPD berbasis SSCS (Search, Solve, Create and Share). Metode penelitian yang digunakan adalah R & D dengan model Borg & Gall. Subjek penelitian adalah Guru dan 29 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri 01 Kota Bengkulu. Hasil penilaian validasi keseluruhan aspek pada bahan ajar LKPD Biologi berbasis SSCS materi sistem pernapasan yang dikembangkan memiliki kelayakan sangat baik dengan persentase 86,41%. LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat praktis, semua aspek penilaian yang diberikan melalui lembar respon peserta didik mendapatkan hasil dengan persentase 100%, peserta didik memberikan respon yang baik terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil belajar peserta didik menunjukan bahwa LKPD Biologi berbasis SSCS mampu memfasilitasi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural peserta didik dengan memperoleh persentase sebesar 92.09%.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar SMA/MA. Jakarta: Depdiknas

Hakim, T. A., Marianti, A., & Widiyaningrum, P. (2020). Development of SSCS Based Material of Biological Diversity to Improve Critical Thinking Ability. Journal of Innovative Science Education, 9(2), 220-226. doi : 10.15294/JISE.V8I3.34930

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME Dengan Pendekatan Problem Sloving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendikia: Ji]urnal Pendidikan Matematika. (1)2. doi : https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20

Istiadi, Y. I. (2016). Biologi untuk SMA/MA kelas XI Kurikulum 2013 yang Disempurnakan Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Erlangga.

Mahmudah, A., Bahriah, E.S., & Milama, B. (2017). The Effect of Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Learning Model towards Student’s Critical Thinking Skills. Jurnal penelitian dan pembelajaran IPA JPPI, 3(2): 112-123. doi : https://jurnal.untirta.ac.id

Nasution, N. F. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share pada Praktikum Mandiri Mata Kuliah Ekologi Hewan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 95-107. doi : https://doi.org/10.24114/jpb.v7i2.9317

Noviyanti, N., Haryati, S., & Herdini, H. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Ion dan Ph Larutan Penyangga. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 5(1), 8-16. http://dx.doi.org/10.17977/um026v5i12020p008

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Pichi, S. O., Erviyenni, E., & Holiwarni, B. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Search, Solve, Create and Share Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Ion dan Ph Larutan Garam. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 505-508. doi: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1608

Putriyana, A. W., Auliandari, L., & Kholillah, K. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Praktikum Materi Fungi. Jurnal BIODIK, 6(2), 106-117. doi https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9255

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sanchia, A. I., & Faizah, U. (2019). Pengembangan LKPD berbasis search, solve, create and share (SSCS) untuk melatih keterampilan proses sains pada materi arthropoda kelas X SMA. Jurnal Riset Biologi dan Aplikasinya, 1(1), 9-17. doi : http://dx.doi.org/10.26740/jrba.v1n1.p9-17

Sulistyorini, H. (2006). Tingkat keterbacaan teks dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga di SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal. Jurnal Pendidikan Kimia, 1 (2), 62-63. doi : http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1137

Suyitno, I. (2011). Memahami Tindakan Pembelajaran Cara Mudah dalam Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang : Refika Aditama

Trisdyanto. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif. Retrieved from http://trisdyanto-pembelajaran mat.

Utami, R.P. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) dan Problem Based Learning (PBI) Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Peserta didik. Jurnal Bioedukasi. 4 (2): 57-71. doi : https://jurnal.uns.ac.id

Wahyuningsih, D., Abdullah, A., & Herdini, H. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) Pada Materi Asam dan Basa. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 499-504. doi : http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1479

Winarni, E.W. (2018). Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta : Bumi aksara

Winarni, E.W. (2018). Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Ed-1. Bengkulu : FKIP UNIB.


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.