PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY BERBASIS SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
(1) Universitas Trunojoyo Madura
(2) Universitas Trunojoyo Madura
(3) Universitas Trunojoyo Madura
(4) Universitas Trunojoyo Madura
(5) Universitas Trunojoyo Madura
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.35535
Abstract
Virtual reality berbasis smartphone merupakan bentuk dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respons siswa terhadap virtual reality berbasis smartphone sebagai media penunjang materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba yaitu siswa kelas VII-C di UPT SMPN 14 Gresik sebanyak 32 siswa yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil validitas rata-rata sebesar 87,50% dengan keterangan sangat valid pada aspek media. Pada aspek materi nilai validitas rata-rata sebesar 85,16% dengan keterangan sangat valid. (2) Respons siswa terhadap virtual reality berbasis smartphone dikategorikan sangat baik berdasarkan nilai persentase respons siswa sebesar 75,46. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan virtual reality berbasis smartphone sebagai media penunjang materi pencemaran lingkungan layak digunakan dalam pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Adha, N., Karma, I. N., & Husniati. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Penyusunan RPP Kurikulum 2013 di SD Gugus 1 Kediri. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 218–229. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/132
Ardiansyah, A. A. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47–56.
Asmaranti, W & Andayani, S. (2018). Mengapa Media Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Penting? Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 146–157. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.23958
Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di tengah Pandemi COVID-19. Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 79–88.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 63–70.
Fakhirah, N., Muhiddin, N. H., & Yunus, S. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Penyelamat Lingkungan (PENLING). Jurnal IPA Terpadu, 2(2), 49–57. https://scholar.archive.org/work/t5i7kj5gtzapfi2htsrntwubny/access/wayback/https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/download/11168/6618
Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SDN Suiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 1(1), 45–50.
Inawati, A., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Ular Tangga Berbasis Unity 3D pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di Smkn 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 19–20.
Karisma, I. E., Margunayasa, I., Amita, P., & Prasasti, T. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121–130.
Kusuma, T. A., Wirawan, I. M. A., & Arthana, I. K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-Jenis Ikan Berbasis Virtual Reality. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 294. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12030
Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Lin, M.T; Wang, J.S; Kuo, H.M & Luo, Y. (2017). A Study On The Effect of Virtual Reality 3D Exploratory Education on Student’s Creativity and Leadership. EURASIA (Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Matematika), 8223(7), 3151–3161.
Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228
Mawanto, A., Yuli, T., Siswono, E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 424–437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243 . https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/243
Nasir, M., & Suheri, A. (2017). Pembuatan Simulasi Tembak Reaksi Menggunakan Teknologi Virtual Reality. E-Jurnal. Universitas Suryakencana Cianjur, Cianjur., 8(1), 1–8. https://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika/article/view/141
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(2), 121–129. https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340
Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85
Putra, R. W. Y., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Matematika Siswa MTs. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 182–194. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4865
Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. http://ejournal.kopertais4.or.id
Sari, A. P., Amin, M., & Lukiati, B. (2017). Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Bioinformatika dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan, 2(6), 768–772. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9334/4482
Sari, D., & Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2690
Selfiamawati, I., & Saleh, A. R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMA Kelas IX. Jurnal IPA Terpadu, 4(2), 91–96.
Sharma, E., & Das, S. (2020). Measuring Impact of Indian Ports on Environment and Effectiveness of Remedial Measures Towards Environmental Pollution. International Journal of Environment and Waste Management, 25(3), 356–380. https://doi.org/10.1504/IJEWM.2020.106295
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Sofnidar, & Riski, Y. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 3(2), 257–275.
Sofwan, M., & Wibowo, M. B. E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Unity pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 201–208. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8438
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Virtual Reality pada Muatan Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. JTP (Jurnal Teknologi Pendidikan), 21(3), 241–255. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13025
Susetyo, A. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–9.
Sutrimo, S., Kamid, K., & Saharudin, S. (2019). LKPD Bermuatan Inquiry dan Budaya Jambi: Efektivitas dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 29. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3841
Udayana, N. N., Wirawan, I. M. A., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(2), 128–139. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.9373
Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563
Wandari, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 47–55.
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1–8. https://core.ac.uk/download/pdf/267023877.pdf
Yanti, H., Wahyuni, S., Dwi, P., & Putra, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Disertasi Drills. 348–355.
Article Metrics
Abstract view : 415 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.