PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS DISCOVERY LEARNING TEMA OLAHRAGA JANTUNG SEHAT
(1) Universitas Pendidikan Ganesha
(2) Universitas Pendidikan Ganesha
(3) Universitas Pendidikan Ganesha
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.35034
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381
Cahyana, I. M. A. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Bertema Olahraga dengan Model Webbed Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 5(1), 68–78.
Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. In Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional (Vol. 98, Issue 1).
Dwicahyani, E., Siallagan, J., & Virman, V. (2020). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(1), 11–18. https://doi.org/10.31957/jipi.v8i1.1131
Kemendikbud. (2014). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Khairani, S., Asrizal, & Amir, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education, 10, 153–160.
Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866
Miftahudin, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas VIII C MTsn Model Kota Sorong Tahun 2018. Jurnal Pendidikan, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i1.205
Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. In DIVA Press.
Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. In Sinar Grafika Offset.
Siddiqui, M. H. (2008). Models of Education. In A P H Publisihing Corporation.
Siska Puspitasari. (2019). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas VI Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Media Interaktif Tahun 2018/2019. Proceeding of Biology Education, 3(1), 94–104. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.12
Usmeldi, Amini, R., & Asrizal. (2021). Pendampingan Guru Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp Mentoring of Teachers and Students in Learning Integrated Natural Science in Yunior High School. Abdimas Galuh, 3(2), 288–297.
Widodo, C. ., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. In PT Elex Media Komputindo.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. In Anugrah Utama Raharja.
Article Metrics
Abstract view : 158 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.