PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS DISCOVERY LEARNING TEMA OLAHRAGA JANTUNG SEHAT

Desak Nyoman Srinadi(1*), Putu Prima Juniartina(2), Kompyang Selamet(3),

(1) Universitas Pendidikan Ganesha
(2) Universitas Pendidikan Ganesha
(3) Universitas Pendidikan Ganesha
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.35034

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keterbacaan modul IPA Terpadu berbasis discovery learning tema olahraga jantung sehat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D oleh Thiagarajan yang memuat tiga tahap pengembangan yaitu define, design dan develop. Penilaian validitas meliputi dua orang Ahli Pendidikan IPA dan penilaian kepraktisan meliputi lima orang guru IPA SMP Negeri 1 Sukasada. Subyek uji coba modul IPA Terpadu meliputi sepuluh orang peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sukasada pada uji keterbacaan. Data yang diperoleh terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan instrumen kisi-kisi pedoman observasi, kisi-kisi pedoman wawancara dan lembar penilaian angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian (1) Modul IPA Terpadu memperoleh skor 1 dengan kualifikasi sangat valid berdasarkan hasil penilaian Ahli Pendidikan IPA dengan skor 1. (2) Modul IPA Terpadu memperoleh skor 4,35 dengan kualifikasi sangat praktis berdasarkan penilaian guru IPA. (3) Modul IPA Terpadu memperoleh skor 4,14 dengan kualifikasi terbaca berdasarkan hasil penilaian peserta didik dengan skor 4,14. Kesimpulan penelitian ini adalah modul IPA Terpadu berbasis discovery learning tema olahraga jantung sehat memiliki kualifikasi sangat valid, sangat praktis dan terbaca, sehingga dapat dilanjutkan ke pengujian efektivitas

Full Text:

PDF

References


Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381

Cahyana, I. M. A. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Bertema Olahraga dengan Model Webbed Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 5(1), 68–78.

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. In Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional (Vol. 98, Issue 1).

Dwicahyani, E., Siallagan, J., & Virman, V. (2020). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(1), 11–18. https://doi.org/10.31957/jipi.v8i1.1131

Kemendikbud. (2014). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Khairani, S., Asrizal, & Amir, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education, 10, 153–160.

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866

Miftahudin, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas VIII C MTsn Model Kota Sorong Tahun 2018. Jurnal Pendidikan, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i1.205

Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. In DIVA Press.

Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. In Sinar Grafika Offset.

Siddiqui, M. H. (2008). Models of Education. In A P H Publisihing Corporation.

Siska Puspitasari. (2019). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas VI Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Media Interaktif Tahun 2018/2019. Proceeding of Biology Education, 3(1), 94–104. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.12

Usmeldi, Amini, R., & Asrizal. (2021). Pendampingan Guru Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp Mentoring of Teachers and Students in Learning Integrated Natural Science in Yunior High School. Abdimas Galuh, 3(2), 288–297.

Widodo, C. ., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. In PT Elex Media Komputindo.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. In Anugrah Utama Raharja.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.