MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Doremma Gultom(1*), Jusniar Jusniar(2), Masniaturofikoh Masniaturofikoh(3), Sitti Rahma Yunus(4),

(1) SMP Negeri 15 Bintan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 15 Makassar
(4) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.34604

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas 8 SMP Negeri 15 Bintan, pada materi Pesawat Sederhana. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 8 SMP Negeri 15 Bintan Tahun Ajaran 2021/2022, sedangkan peneliti berperan sebagai guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen observasi dan tes. Hasil penelitian, menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 49 %. Siklus II meningkat menjadi 74 %. Siklus III meningkat menjadi 84 %. Hasil belajar peserta didik juga meningkat, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siklus I untuk rata-rata nilai pengetahuan yaitu 68. Hasil belajar meningkat pada siklus II yaitu 83 dan pada siklus III yaitu 89. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pengajaran IPA dan mata pelajaran lain sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Aji, S. B., Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(5).,2734-2740. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.801

Ayuningsih, D., Kristin, F., Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5 (2). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1351

Karlina, C. F., Dharsana, I. K., & Kusmariyatni, N. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe (TSTS) Berbantuan Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study. Mimbar PGSD Undiksha, 5 (2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10883.

Nafiah, Y. N., Suyanto, W. (2014). Peningkatan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Vokasi , 4(1), 125-143 https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/2540/2098

Nahdi, DS. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 50- 56. https://pdfs.semanticscholar.org/b4dc/24d4c5d39215823fb49d4cbd6d06fae064c6.pdf.

Nikmatillah, N. (2018). Penggunaan Media Papan Persilangan dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkawinan Silang Mahluk Hidup untuk Peserta didik Kelas IX C SMP Negeri 7 Malang Tahun 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2187.

Nursaadah, S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Keaktifan Peserta didik pada Submateri Pengukuran. Lembaran Ilmu Kependidikan 48(2), 66-71. https://doi.org/10.15294/lik.v48i2.22739

Pujiriyanto. 2019. Modul Pedagogik PPG Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Tim Penyelia Modul PPG

Ratnawati, D., Handayan, I., Hadi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta didik SMP. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika. 10(1),44-51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683.

Sari, L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Stabat. Jurnal Pelita Pendidikan. 4(1). 264-268.https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11693

Suari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 2(3). 241-247. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Wulandari, I. N., Wijayanti, A., Budhi, W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi Peserta didik. Jurnal Pijar MIPA .13(1). 51-55 https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/538

Yuliana, Y., Firmansah, F. (2018). The Effectiveness of Problem-Based Learning With Social Media Assistance To Improve Students’ Understanding Toward Statistics. Infinity Journal: 7(2).97-108. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p97-108

Yuwono, M. R., & Syaifuddin, M. W. (2017). Pengembangan Problem Based Learning dengan Assessment for Learning Berbantuan Smartphone dalam Pembelajaran Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 184–202. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.116.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.