EFEKTIVITAS E-MODUL IPA 2 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Susanti Susanti(1*), Tias Ernawati(2), Ayu Fitri Amalia(3),

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.34037

Abstract


Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan. Kegiatan pembelajaran di masa pandemi covid-19 tetap dilaksanakan secara daring menggunakan tiga ruang belajar yang menjadi roh, yaitu sinkron virtual (virtual synchronus), asinkron mandiri (self-directed asynchronus), dan asinkron kolaboratif (collaborative asynchronus). Proses pembelajaran daring harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu sarana pembelajarannya adalah sumber belajar. Sumber belajar yang dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran daring adalah modul yang dikemas dalam bentuk digital atau e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul IPA 2 terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan subjek penelitian mahasiswa semester 4 yang mengambil mata kuliah IPA 2 pada semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep berupa soal uraian yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Analisis data hasil penelitian menggunakan N-Gain untuk mencari efektivitas produk. Hasil analisis menggunakan N-Gain diperoleh persentase 77,46% dengan taraf sugnifikansi 0,000. Sehingga dapat disimpulkan e-modul IPA 2 efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. 


Full Text:

PDF

References


Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module To Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222

Aulia, N. S., Sutiarso, S., & Widyastuti, W. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Alqurun Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 64–72. http://repository.lppm.unila.ac.id/21380/

Barkah, E. a. (2022). Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN. Berajah Jurnal, 2(2), 287–292.

Betlen, E. A. (2021). Effect of Modular Learning Approach on the Academic Achievement of Students. Global Scientific Journals, 9(7), 2995–3004.

Chaeruman, U. A., & Mudiarti, S. (2018). Jurnal Pembelajaran Inovatif Quadrant of Blended Learning : a Proposed Conceptual Model for Designing Effective Blended Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(4), 1–5.

Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education, 77(4), 729–732. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018

Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Harmini, T. (2019). Efektivitas Penggunaan Modul Berbasis Differentiated Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 136–148. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.14293

Huda, C. (2019). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan E-modul Termodinamika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Diri dan Kerja Sama Mahasiswa. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA V 2019, 1–9.

Krismayanti, Y. R., & Sudibyo, E. (2021). Efektivitas penggunaan modul IPA dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kediri. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 227–233. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38024

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 308. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Mutmainah, M., Aunurrahman, A., & Waneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631.

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Permendiknas. (2007). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH. -, 1–14.

Phanphech, P., Tanitteerapan, T., & Murphy, E. (2019). Explaining and enacting for conceptual understanding in secondary school physics. Issues in Educational Research, 29(1), 180–204.

Pinontoan, K., Walean, M., & Lengkong, A. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan E-Modul pada Flipped Classroom Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar dan Intensi Berwirausaha. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p001

Purnamasari, N., Siswanto, S., & Malik, S. (2020). E-module as an emergency-innovated learning source during the Covid-19 outbreak. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33292/petier.v3i1.53

Puspitasari, S. N., Suyono, S., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Efektivitas Penerapan E-Modul dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan Masa Pandemi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(3), 274. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i3.26773

Sangka, I Gede, Yasa I Made, Widharma, I Gede, Budarsa, I. G. (2021). Uji Efektifitas E-Modul Trigonometri Berbasis Schoology untuk Pembelajaran Daring di Politeknik I. Jurnal Pemantik, 1(2), 1–14.

Susanti &, & Ernawati, T. (2021). Pengembangan E-modul IPA 2 Untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Koulutus, 4(2), 224–231.


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.