PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BIOLOGI BERKATEGORI HOTS DI SMA NEGERI 1 MAJENE

Muh. Wahyudi Jasman(1*), Yusminah Hala(2), Ismail Ismail(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.33966

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal biologi berkategori HOTS di SMA Negeri 1 Majene. Penelitian dilakukan secara daring pada masa pandemi covid-19 dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Majene yang terdiri dari empat rombel kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes hasil belajar berkategori HOTS. Karakteristik soal HOTS yang diberikan fokus pada kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai signifikansi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal biologi berkategori HOTS yakni lebih kecil dari 0,05 (α < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal biologi berkategori HOTS.

Full Text:

PDF

References


Ansori, Achmad Zanuar. (2020). Analisis Soal Biologi Dimensi Proses Kognitif dan Karakteristik HOTS. Jurnal Ilmiah Mandala Education. V, 6(2).

Arti, E.P.N. & Hariyatmi. (2015, November). The Ability of Biology Teacher in Constructing test of HOT (Higher Order Thinking) Question in SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Paper dipresentasikan di Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi UNS 2015.

Buana, Puji Sukma Lungguh. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Percaya Diri Siswa pada Subtema Wujud Benda dan Cirinya (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Gentra Masekdas Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018) (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan, Bandung.

Dinni, H.N. (2018, Oktober). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Paper dipresentasikan di Seminar Nasional Matematika Universitas Negeri Semarang.

Deda, Yohanis; Ndapa., Astry H., Ratu, Stanislaus Amsikan., Oktavianus Mamoh. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Berdasarkan Perspektif Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1).

Hendi, Asrean. (2017, Mei). Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Paper dipresentasikan di Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan.

Hanafiah & Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hosnan, Muhammad. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iskandar, D., & Senam. (2015). Studi Kemampuan Guru Kimia SMA Lulusan UNY dalam Mengembangkan Soal UAS Berbasis HOTS. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, V, 1(1)

Martaidah. T., Nurdin Bukit., Eva Marlina Ginting. (2017). The Effect of Discovert Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. Journal of Research & Method in Education. V, 7(6).

Mubarokah, Inayatu. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Subtema 3 Tentang Memelihara Ekosistem Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Palapa Kota Bandar Lampung (skripsi). Universitas Lampung, Bandar Lampung

Ningsih, Desi Lestari. (2018). Analisis Soal Tipe Higher Order Thingking Skill (HOTS) Dalam SoalUjian Nasional (UN) Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun Ajaran 2016/2017 (Skripsi). Bandar Lampung: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Pratiwi, Fitri Apriani. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA (Skripsi). Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., dan Anisa. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA. V, 4(1).

Yee, M. H., Lai, C. S., Tee, T. K., & Mohamad, M. M. (2016). The Role of Higher Order Thingking Skills in Green Skill Development. EDP Sciences, 70 (5001)


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.