PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BIOLOGI BERKATEGORI HOTS DI SMA NEGERI 1 MAJENE
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.33966
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ansori, Achmad Zanuar. (2020). Analisis Soal Biologi Dimensi Proses Kognitif dan Karakteristik HOTS. Jurnal Ilmiah Mandala Education. V, 6(2).
Arti, E.P.N. & Hariyatmi. (2015, November). The Ability of Biology Teacher in Constructing test of HOT (Higher Order Thinking) Question in SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Paper dipresentasikan di Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi UNS 2015.
Buana, Puji Sukma Lungguh. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Percaya Diri Siswa pada Subtema Wujud Benda dan Cirinya (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Gentra Masekdas Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018) (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan, Bandung.
Dinni, H.N. (2018, Oktober). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Paper dipresentasikan di Seminar Nasional Matematika Universitas Negeri Semarang.
Deda, Yohanis; Ndapa., Astry H., Ratu, Stanislaus Amsikan., Oktavianus Mamoh. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Berdasarkan Perspektif Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1).
Hendi, Asrean. (2017, Mei). Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Paper dipresentasikan di Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan.
Hanafiah & Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hosnan, Muhammad. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iskandar, D., & Senam. (2015). Studi Kemampuan Guru Kimia SMA Lulusan UNY dalam Mengembangkan Soal UAS Berbasis HOTS. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, V, 1(1)
Martaidah. T., Nurdin Bukit., Eva Marlina Ginting. (2017). The Effect of Discovert Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. Journal of Research & Method in Education. V, 7(6).
Mubarokah, Inayatu. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Subtema 3 Tentang Memelihara Ekosistem Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Palapa Kota Bandar Lampung (skripsi). Universitas Lampung, Bandar Lampung
Ningsih, Desi Lestari. (2018). Analisis Soal Tipe Higher Order Thingking Skill (HOTS) Dalam SoalUjian Nasional (UN) Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun Ajaran 2016/2017 (Skripsi). Bandar Lampung: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
Pratiwi, Fitri Apriani. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA (Skripsi). Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., dan Anisa. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA. V, 4(1).
Yee, M. H., Lai, C. S., Tee, T. K., & Mohamad, M. M. (2016). The Role of Higher Order Thingking Skills in Green Skill Development. EDP Sciences, 70 (5001)
Article Metrics
Abstract view : 199 times | PDF view : 31 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.