PENGARUH MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 MAKASSAR (STUDI PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI)

ST Aminah Y(1), Muharram Muharram(2), Jusniar Jusniar(3*),

(1) Jurusan Kimia, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Kimia, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.33827

Abstract


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kotak kartu misterius (kokami) pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 5 Makassar yang tersebar dalam 9 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA7 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing – masing sebanyak 36 orang yang ditentukan dengan cara teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa tes objektif yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda yang sudah tervalidasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok laju reaksi berupa post-test yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Pengujian hipotesis dengan uji Mann-Whitney menghasilkan Zhitung = 4,03 pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh Ztabel= 1,64. Oleh karena itu, Zhitung>Ztabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kotak kartu misterius (kokami) pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Makassar pada materi pokok laju reaksi.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda

Cleophas, F. (2011). Penggunaan Media Pembelajaran Yang Tepat Dapat Menunjang Keberhasilan Dalam Proses Pembelajaran. https://kursusinggris.wordpress.com/2011/01/19/penggunaan-media-pembelajaran-yang-tepat-dapat-menunjang-keberhasilan-dalam-proses-pembelajaran/ diakses pada tanggal 20 Mei 2019

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Edgen, D. Paul Don Kauchak. (2006). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Pusat Penerbit UNM

Hamalik. (2011). Interaksi Dan Motivsi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hanafiah, Nanang, dkk. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Laursen, L, Sandra. (2014). Benefits for Women and Men of Inkuiri-Based Learning in College Mathematics: A Multi-Institution Study. Journal for Research in Mathematics Education, Vol. 45, No. 4 (July 2014), pp. 406-418.

Lela, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Metro. ISSN: 2337-5973 e-ISSN: 2442-4838. JPF. Volume. 3 Nomor 1

Maslikan. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Ketuntasan Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Bola Voly di Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 5(2), 178- 187.

Marga, K. M. (2018). Pengaruh Media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(2), 18-22.

Nurdin, S. dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers

Nurdyansyah dan Eni Fariyarul Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..

Purwasasmita, M. (2018). Bahan Revisi Media Pembelajaran PLSx. Http://File.Upi.Edu/Direktori/Fip/Jur._Pend._Luar_Sekolah/194704171973032-Muliati_Purwasasmita/Bahan_Revisi_Buku_Media_Pembelajaran_Plsx.Pdf Diakses pada tanggal 20 Mei 2019

Rusiana, Y. (2014). Penggunaan Media Kokami pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(4), 183- 192

Rahmatsyah dan Harni Simamora. (2011). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak di Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika. Volume 12 Nomor 17

Rohman, M. dan Sofan A.( 2012). Manajemen Pendidikan. Prestasi Pustaka Raya. Jakarta.

Sadiman, A. S. dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raga Grafindo Persada.

Sagala. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alpabeta.

Sani, RA. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana prenanda media group.

Sudarmo, Ul. (2017). Kimia untuk SMA/MA Kelas X: Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Surakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiarto, I. (2011). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: PT Grameda Pustaka Utama.

Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, dkk. (2018). Pengaruh Media Kotak Kartu Misterius (Kokami) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Di Sma Negeri 12 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, Volume 1 Nomor 2, November 2018


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.