STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

Krisensia Edria Penampe(1), Kurnia Ningsih(2*), Afandi Afandi(3),

(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.33430

Abstract


Untuk mengetahui pengaruh pembeIajaran online berbasis GoogIe cIassroom terhadap hasiI beIajar siswa merupakan tujuan dari penelitian ini, dimana perlakuan yang dilakukan menggunakan Google classroom. Metode eksperimen adalah metode yang digunakan dalam peneIitian ini untuk melihat hasiI beIajar siswa dengan desain One Group Pretest – Posttest Design. SampeI diambiI secara purposive sampIing dan keIas yang digunakan sebagai eksperimen adalah Kelas VII G. Instrumen yang digunakan yaitu dengan memberikan soal tes  dalam bentuk piIihan ganda yang berjumIah 20 soaI. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata sebelum pembelajaran online berbasis Google classroom adalah 31,67 dan nilai rata-rata setelah pembelajaran online berbasis Google classroom adalah 80,83. Jika dilihat dari hasil uji t sampel dependen diketahui bahwa diperoIeh taraf signifikansi > α, yaitu sebesar 0,00 > 0,05 maka terdapat perbedaan signifikan antara taraf signifikan dengan α yang artinya pembeIajaran online berbasis Google classroom berpengaruh terhadap hasiI beIajar siswa. Perhitungan uji Effect Size menggunakan Cohen, Hedge’s dan Glass diperoleh ES > 1,0 sehingga dapat dikatakan pembelajaran online berbasis Google classroom memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kategori tinggi

Full Text:

PDF

References


Akbar, I. S. dan Milfayeti. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengingat Melalui Pemberian Layanan Penguasaan Konten Teknik Loci Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Medan TA 2014/2015. Jurnal Diversita. Vol 1 (2): 1 – 8. http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/download/488/334

Daheri, Mirzon, Juliana, Deriwanto, dan A. Dibul Amda. (2020). Efektivitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu. 4 (4): 775 – 783. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/445

Dewi, Laksmi. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Matakuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech. 16 (2): 1 – 17. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/7616

Fauziyah dan Minik Rinayanti. (2020). Cara Praktis Menggunakan Google Classroom. Sleman. Penerbit Deepublish.

Hui, D. S., dkk. (2020). The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health – the latest 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China. International Journal of Infecttious Diseases, 91: 264 – 266. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.01.009

Khazanah, N. Alfiah, Hasanuddin dan Muh. Tawil. (2022). Penerapan Model Pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar IPA peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 30 Makassar. Jurnal IPA Terpadu. 6(1): 50 – 58. https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/26585

Limbong, Tonni dan J. Simarmata. (2020). Menentukan Mata Kuliah Yang Efektif Belajar Daring (Belajar Dan Ujian) Dengan Metode Multi-Attribute Utility Teory (MAUT). Jurnal Resti. 4 (2): 370 – 376. http://library.lol/main/8C5DC80469B5334200F493DFD9F74623

Nirfayanti dan Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 2 (1): 50 – 59. https://e-journal.my.id/proximal/article/download/211/173/

Ompusunggu, V. D. K., dan Nilam Sari. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Curere. 3 (2): 58 – 66. http://portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/download/250/184

Ramdhani, Eka Putra, Fitriah Khoirunnisa dan Nur Asti Nadiah Siregar. (2020). Efektivitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology. 6 (1): 162 – 167. https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152

Setiawan, Rizki dan Eti Komalasari. (2020). Membangun Efektivitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan dan Sosiologi. 4 (1): 1 – 13. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ED/article/view/25073

Setyani, M. R. dan Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018. 1: 73 – 84. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2653

Sriyani, Ika. (2021). Google Classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Administrasi Umum. Indonesian Journal of Education and Learning. 4 (2): 456 – 461. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/edulearning/article/download/3111/1822

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sulastri, Imran dan Arif Firmansyah. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3 (1): 90 – 103. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4110

Suttrisno. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. JURMIA: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. 1 (1): 1-10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1

Yuliana. (2020). Corona Virus Disease (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2 (1): 187 – 192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/21026/pdf

Yulyani, R. D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom, Fasilitas Pembelajaran Dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar Daring Selama Pandemic Covid-19. Ed-Humanistics, 5 (2): 703 – 714. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1071

Yushan, Muhammad, S. R. Yunus dan Ramlawati. (2022). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Pada Kelas VIII SMP Telkom. Jurnal IPA Terpadu. 6(1): 17 – 30. https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/22242


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.