STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19
(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.33430
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akbar, I. S. dan Milfayeti. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengingat Melalui Pemberian Layanan Penguasaan Konten Teknik Loci Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Medan TA 2014/2015. Jurnal Diversita. Vol 1 (2): 1 – 8. http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/download/488/334
Daheri, Mirzon, Juliana, Deriwanto, dan A. Dibul Amda. (2020). Efektivitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu. 4 (4): 775 – 783. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/445
Dewi, Laksmi. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Matakuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech. 16 (2): 1 – 17. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/7616
Fauziyah dan Minik Rinayanti. (2020). Cara Praktis Menggunakan Google Classroom. Sleman. Penerbit Deepublish.
Hui, D. S., dkk. (2020). The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health – the latest 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China. International Journal of Infecttious Diseases, 91: 264 – 266. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.01.009
Khazanah, N. Alfiah, Hasanuddin dan Muh. Tawil. (2022). Penerapan Model Pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar IPA peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 30 Makassar. Jurnal IPA Terpadu. 6(1): 50 – 58. https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/26585
Limbong, Tonni dan J. Simarmata. (2020). Menentukan Mata Kuliah Yang Efektif Belajar Daring (Belajar Dan Ujian) Dengan Metode Multi-Attribute Utility Teory (MAUT). Jurnal Resti. 4 (2): 370 – 376. http://library.lol/main/8C5DC80469B5334200F493DFD9F74623
Nirfayanti dan Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 2 (1): 50 – 59. https://e-journal.my.id/proximal/article/download/211/173/
Ompusunggu, V. D. K., dan Nilam Sari. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Curere. 3 (2): 58 – 66. http://portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/download/250/184
Ramdhani, Eka Putra, Fitriah Khoirunnisa dan Nur Asti Nadiah Siregar. (2020). Efektivitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology. 6 (1): 162 – 167. https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152
Setiawan, Rizki dan Eti Komalasari. (2020). Membangun Efektivitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan dan Sosiologi. 4 (1): 1 – 13. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ED/article/view/25073
Setyani, M. R. dan Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018. 1: 73 – 84. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2653
Sriyani, Ika. (2021). Google Classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Administrasi Umum. Indonesian Journal of Education and Learning. 4 (2): 456 – 461. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/edulearning/article/download/3111/1822
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sulastri, Imran dan Arif Firmansyah. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3 (1): 90 – 103. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4110
Suttrisno. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. JURMIA: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. 1 (1): 1-10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1
Yuliana. (2020). Corona Virus Disease (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2 (1): 187 – 192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/21026/pdf
Yulyani, R. D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom, Fasilitas Pembelajaran Dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar Daring Selama Pandemic Covid-19. Ed-Humanistics, 5 (2): 703 – 714. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1071
Yushan, Muhammad, S. R. Yunus dan Ramlawati. (2022). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Pada Kelas VIII SMP Telkom. Jurnal IPA Terpadu. 6(1): 17 – 30. https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/22242
Article Metrics
Abstract view : 66 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.