PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VII SMPIT AL KHAIR

Masyawan Alipah(1*), Abdul Haris(2), Hj Nuraeni(3), Sitti Saenab(4),

(1) SMPIT Al Khair
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 22 Makassar
(4) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.32754

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas VII SMPIT Al Khair pada materi kalor dan perpindahannya. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes, dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar test akhir setiap siklus. Prosedur pelaksanaan penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi dalam setiap siklus. Hasil observasi aktivitas belajar peserta didik menunjukkan peningkatan dalam tiap siklusnya. Persentase keaktifan peserta didik pada Siklus I adalah 33,33 %, Siklus II 66,67 % dan Siklus III 89.58%.  Persentase ketuntasan belajar pada Siklus I adalah 67 %, Siklus II menjadi 83 % dan siklus III menjadi 100 %. Rata – rata hasil belajar pada siklus I adalah 72,22, Siklus II menjadi 81,67 dan siklus III menjadi 90,91. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas VII SMPIT Al Khair.


Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Delanggu. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol 15 No.1.

Arends, R. I. (2011). Learning to Teach, (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arief, H. S., Maulana, dan Ali, S. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan ProblemBased Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1(1): 141-150. (online) http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/11263.

Dirgantara, S. Z.P ., Irdam, I., dan Kasrina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Fotosintesis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII. Jurnal IPA Terpadu. Vol 4 (1) : 100-106. (online) http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu.

Hadija, Charles, K., dan Juraid. (2016). Penerapan Metode Diksusi Untk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDN No. 2 Tamarenja kecamatan sindue toata. Jurnal kreatif tadulako online. Vol. 4 (8): 11-30. (online) https://www.neliti.com/id/publications/108273/penerapan-metode-diskusi-untukmeningkatkan-hasil-belajar-murid-kelas-iv.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kemendikbud. (2014). Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniawan, D. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. vol. 1 (1): 8-15. (online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/3157/1603

Kusuma, W dan Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks

Lafil, K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. vol. 2 (2): 8-15. (online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6798/3392

Leonda, M.A., Desnita, dan Agus. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem base Learning untuk Materi Usaha dan Energi di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 5.

Rerung, N., Iriwi, dan Widyaningsih, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. Vol 6. No. 1.

Paloloang, M. F. B. (2014). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran dikelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulaku. vol 2 (1) 67-77. (online) http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3232

Prima. C., & Heni, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA, vol 16. No 1.

Purwaningsih E. E. (2019). Peran guru Sebagai Fasiltator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI SMK. Jurnal pendidikan dan pembelajaran. Vol 5 (10): 1-14. (online) http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/17132/14624

Putra, S. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.

Sani. A., Rizka & Sahyar. (2016). Analisis Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 5. No 2.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Simanjuntak, M. P., Siregar, L., dan Lumbangaol, Y. T. (2019). Penerapan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Vol 7 No. 4.

Susminiarti, F., Irwandi, A., Yenita. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Peserta didik Kelas VIIB SMPN 7 Kota Bengkulu. Jurnal pendidikan dan pembelajaran biologi. Vol 3 (1): 90-99. (online). http://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/7952/4078

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Utrifani, A., dan Turnip, B.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2013/2014. Jurnal Inpafi. Vol 2. No. 2.

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Peserta didik. Jakarta: Gaung Persada Press.


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.