UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 5 SATU ATAP SUBAH DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Dede Suryadie(1), Ramlawati Ramlawati(2*), Rusdianto Rusdianto(3),

(1) SMP Negeri 5 Satu Atap Subah
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 2 Takalar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31510

Abstract


Penelitian   ini   dilatarbelakangi   oleh   model pembelajaran yang konvensional yang diterapkan pada pembelajaran IPA kelas VII sehingga mengakibatkan rendahnya tingkat ketuntasan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII di SMPN Satu Atap Subah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil dan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMPN 5 Satu Atap Subah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar kognitif, serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan aktivitas peserta didik untuk psikomotorik dan afektif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA dan aktivitas belajar peserta didik yang berada pada kategori tinggi yaitu di atas 90%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Amanda S., Muharrami L., Rosidi I. dan Ahied M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Berbasis SETS. Journal of Natural Science Education Research Vol. 1 No. 1

Anafiza R dan Djukri . (2017). Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 6 No. 2 ISSN: 20894392

Dharma I., Suardana I., dan Selamet K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas VII SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) Vol. 1 No. 1

Dolmans, Diana H.J.M., Loyens, Sofie M.M., Marcq, Hélène and Gijbels,

David. (2016). Deep and surface learning in problem-based learning: a review of the literature. Advances in Health Sciences Education Vol 21 : 1087 - 1112

Fatmawati E dan Sujatmika S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan Vol. 2 No. 2 ISSN : 2579-499X

Insani, Ramlawati dan Yunus. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu Vol. 2 No. 1 ISSN : 2597-8977

Kompyang, Selamet, Sumiantari dan Dharma. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas VII SMP Pada Pembelajaran IPA, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia Volume 1, Nomor 1, April 2018 ISSN: 2623-0852

Made Astika I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Eksperimen Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta didik. Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 2

Mansur M dan Salim. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa- Fisika Peserta didik Kelas Viic Smp Negeri 1 Ternate. Jurnal Ilmiah MIPA Saintifik Vol. 2 No. 1

Maryam E. (2017). Pengaruh Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika SMP N 7 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol. 4 No. 1 ISSN : 2355-620X

Mashinta, Maskuri dan Sarwanto. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP/MTs Dengan Model Problem Based Learning Tema Air Sehat. Inkuiri Vol 4 No. 1 ISSN : 2252-7893

Ningsyih S., Andayani Y.,dan Hakim A. (2018). The Effectiveness Of Problem Based Worksheet To Improve Senior High School Students’ Critical Thinking Skills. Unnes Science Education Journal Vol. 7 No. 3

Pratiwi, S. N., Cari, C., Aminah, N. S., & Affandy, H. (2019, February). Problem-based learning with argumentation skills to improve students’ concept understanding. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1155, No. 1, p. 012065). IOP Publishing.

Rokhim A., Suparni dan Prayitno B. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Kalor dan Perpindahan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP Kelas VII. ISSN : 2615-7489

Safitry M., Yennita Y., dan Indrus. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Peserta didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL): https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5148

Sari L . (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas VII SMP Negeri 1 Stabat. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 6 No. 4 ISSN : 2338-3003

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suana I. (2020). Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dibantu Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta didik. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 2 ISSN : 2087-9016

Sugiyono (Ed.). (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Sumenari K . (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research Volume 2 No. 2 ISSN : 2580-4790

Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Development Of Instructional Design Project-Based Learning Model Integrated Science Process Skills To Improve Science Literacy. JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG, 9(1), 104-112


Article Metrics

Abstract view : 323 times | PDF view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.