UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 5 SATU ATAP SUBAH DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
(1) SMP Negeri 5 Satu Atap Subah
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 2 Takalar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31510
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amanda S., Muharrami L., Rosidi I. dan Ahied M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Berbasis SETS. Journal of Natural Science Education Research Vol. 1 No. 1
Anafiza R dan Djukri . (2017). Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 6 No. 2 ISSN: 20894392
Dharma I., Suardana I., dan Selamet K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas VII SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) Vol. 1 No. 1
Dolmans, Diana H.J.M., Loyens, Sofie M.M., Marcq, Hélène and Gijbels,
David. (2016). Deep and surface learning in problem-based learning: a review of the literature. Advances in Health Sciences Education Vol 21 : 1087 - 1112
Fatmawati E dan Sujatmika S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan Vol. 2 No. 2 ISSN : 2579-499X
Insani, Ramlawati dan Yunus. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu Vol. 2 No. 1 ISSN : 2597-8977
Kompyang, Selamet, Sumiantari dan Dharma. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas VII SMP Pada Pembelajaran IPA, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia Volume 1, Nomor 1, April 2018 ISSN: 2623-0852
Made Astika I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Eksperimen Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta didik. Mimbar Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 2
Mansur M dan Salim. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa- Fisika Peserta didik Kelas Viic Smp Negeri 1 Ternate. Jurnal Ilmiah MIPA Saintifik Vol. 2 No. 1
Maryam E. (2017). Pengaruh Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika SMP N 7 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol. 4 No. 1 ISSN : 2355-620X
Mashinta, Maskuri dan Sarwanto. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP/MTs Dengan Model Problem Based Learning Tema Air Sehat. Inkuiri Vol 4 No. 1 ISSN : 2252-7893
Ningsyih S., Andayani Y.,dan Hakim A. (2018). The Effectiveness Of Problem Based Worksheet To Improve Senior High School Students’ Critical Thinking Skills. Unnes Science Education Journal Vol. 7 No. 3
Pratiwi, S. N., Cari, C., Aminah, N. S., & Affandy, H. (2019, February). Problem-based learning with argumentation skills to improve students’ concept understanding. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1155, No. 1, p. 012065). IOP Publishing.
Rokhim A., Suparni dan Prayitno B. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Kalor dan Perpindahan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP Kelas VII. ISSN : 2615-7489
Safitry M., Yennita Y., dan Indrus. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Peserta didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL): https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5148
Sari L . (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas VII SMP Negeri 1 Stabat. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 6 No. 4 ISSN : 2338-3003
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Suana I. (2020). Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dibantu Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta didik. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 2 ISSN : 2087-9016
Sugiyono (Ed.). (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Sumenari K . (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research Volume 2 No. 2 ISSN : 2580-4790
Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Development Of Instructional Design Project-Based Learning Model Integrated Science Process Skills To Improve Science Literacy. JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG, 9(1), 104-112
Article Metrics
Abstract view : 323 times | PDF view : 88 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.