PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Desinta Dwi Nuriyanti(1*), Abdul Haris(2), Asmawati Asmawati(3), Muhiddin Palennari(4),

(1) MTs Negeri 2 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia
(2) Program Studi Fisika, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.31302

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan Model Problem Based Learning pada materi Sistem Ekskresi. Jenis penelittian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 8B SMP Negeri 1 Kutasari sebanyak 15 orang. Video digunakan sebagai gambaran masalah yang akan dipecahkan dengan model Probem Based Learning (PBL). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan hasil belajar siswa dengan butir soal pilihan ganda berbasis google form. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan analisis statistis deskriptif kualitatif dan diperoleh skor rata-rata hasil belajar pada pertemuan I sebesar 42,67. Pada pertemuan I digunakan media plastisin untuk merekonstuksi model nefron. Pada pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata sebesar 67,31 dalam hal ini terjadi peningkatan nilai hasil belajar pada pertemuan II jika dibandingkan dengan pertemuan I. Kenaikan juga terjadi pada pertemuan III. Hasil belajar pertemuan III adalah sebesar 91,67. Ketuntasan klasikal dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 70 pada pertemuan I adalah sebesar 20%, pertemuan II sebesar 46,67%, dan pertemuan III sebesar 100%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Anwar, S.& Priscylio, G., (2019). Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty Untuk Proses Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 14(1), 1-12.

Argaw, A.S, Haile, B B, Ayalew, B T, dan Kuma, A G. (2017). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Student’s Motivation and Problem SolvingSkills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics and Technology Education. 13 (3), 857-871 DOI 0.12973/eurasia.2017.00647a

Assegaff, Asrani dan Uep Tatang Sontani. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning (PBL). Jurnal Pendidikan Managemen Perkantora, 1 (1), 38-48.

Azizah, Nur. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 1 Margasari. Dialektika Fkip. 3 (1), 1-12

C. D. Imaningtyas, P. Karyanto, Nurmiyati, and L. Asriani, "Penerapan E-module berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015," Jurnal Pendidikan Biologi, Univ. Sebelas Maret, vol. 9, no. 1, pp 4-10, 2016.

D M Aulia, Parno, dan S Kusairi. (2021). Pengaruh E-modulee Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6 (1), 7-12

Elmasari, Yandria. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Metode Ceramah Bermakna Materi Desain Grafis SMAN 1 Gondang Tulungagung. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 1 (2), 43-47, dari doi: https://doi.org/10.29100/jipi.v1i02.66.g39

Insani, A, Ramlawati, dan Yunus, S R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pesert Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa. Jurnal IPA Terpadu 2 (1) 78-87

Mairisiska, Titin, Sutrisno, dan Asrial. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Edu-Sains, 3 (1), 28-37

Nurdyansyah & Eni Fariyatul Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016), 81-82.

Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010. Pengelolaan & Penyelenggaraan Pendidikan. Online at http:// www.paudni.kemdikbud.go.id [diakses tanggal 1 Desember 2021].

Orozco, J. A., & Yangco, R. T. (2016). Problem-based learning: Effects on critical and creative thinking ability in biology. Asian Journal of Biology Education, 9(3), 2-10

Qumillaila, B H Susanti, dan Zulfiani. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Cakrawala Pendidikan 36(1), 57-69.

Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The Effect of Project-Based Learning Assisted by Electronic Media on Learning Motivation and Science Process Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i1.5

Safitri, M, Yennita, dan I Idrus. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitass dan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(1), 103-112

Sari, W. & Manurung, N. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan. Best journal. 2 (1), 34-39.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA UNS, 9 (1), 46-57.

Uliyandari, M, Candrawati, E., Herawati, A.A. dan Latipah, N. (2021). Problem Based Learning to Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science EducationUndergraduate Students. International Journal of Recent Eductation Research, 2 (1), 65-72.

Widyati, F N dan H Irawati. (2021). Studi Literatur: Peningkatan Oral Activity Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (Sscs) Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. Inkuiri:Jurnal Pendidikan IPA. 10 (2) 71-78.

Wina, Demi Roma. Nathan Hindarto, dan Andreas Priyono Budi Prasetyo. (2017). Studi Kasus Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Semarang . Journal of Innovative Science Education (JISE), 6 (1) 17-27.

Yulianti, E.Gunawan, I. (2019). Problem Based Learning Model: The Effect on Understanding of Concept and Critical Thinking. Indonsian Journal of Science and Mathematics Education.2 (3) 3999-408. DOI: 10.24042/IJSME.V2I3.4366

Zuraida, Zulfahmi, dan Yuliana. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Jangka Buya. Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH), 3 (1), 89-94


Article Metrics

Abstract view : 604 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.