PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
(1) MTs Negeri 2 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia
(2) Program Studi Fisika, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.31302
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anwar, S.& Priscylio, G., (2019). Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty Untuk Proses Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 14(1), 1-12.
Argaw, A.S, Haile, B B, Ayalew, B T, dan Kuma, A G. (2017). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Student’s Motivation and Problem SolvingSkills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics and Technology Education. 13 (3), 857-871 DOI 0.12973/eurasia.2017.00647a
Assegaff, Asrani dan Uep Tatang Sontani. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning (PBL). Jurnal Pendidikan Managemen Perkantora, 1 (1), 38-48.
Azizah, Nur. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 1 Margasari. Dialektika Fkip. 3 (1), 1-12
C. D. Imaningtyas, P. Karyanto, Nurmiyati, and L. Asriani, "Penerapan E-module berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015," Jurnal Pendidikan Biologi, Univ. Sebelas Maret, vol. 9, no. 1, pp 4-10, 2016.
D M Aulia, Parno, dan S Kusairi. (2021). Pengaruh E-modulee Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6 (1), 7-12
Elmasari, Yandria. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Metode Ceramah Bermakna Materi Desain Grafis SMAN 1 Gondang Tulungagung. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 1 (2), 43-47, dari doi: https://doi.org/10.29100/jipi.v1i02.66.g39
Insani, A, Ramlawati, dan Yunus, S R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pesert Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa. Jurnal IPA Terpadu 2 (1) 78-87
Mairisiska, Titin, Sutrisno, dan Asrial. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Edu-Sains, 3 (1), 28-37
Nurdyansyah & Eni Fariyatul Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016), 81-82.
Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010. Pengelolaan & Penyelenggaraan Pendidikan. Online at http:// www.paudni.kemdikbud.go.id [diakses tanggal 1 Desember 2021].
Orozco, J. A., & Yangco, R. T. (2016). Problem-based learning: Effects on critical and creative thinking ability in biology. Asian Journal of Biology Education, 9(3), 2-10
Qumillaila, B H Susanti, dan Zulfiani. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Cakrawala Pendidikan 36(1), 57-69.
Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The Effect of Project-Based Learning Assisted by Electronic Media on Learning Motivation and Science Process Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i1.5
Safitri, M, Yennita, dan I Idrus. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitass dan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(1), 103-112
Sari, W. & Manurung, N. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan. Best journal. 2 (1), 34-39.
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA UNS, 9 (1), 46-57.
Uliyandari, M, Candrawati, E., Herawati, A.A. dan Latipah, N. (2021). Problem Based Learning to Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science EducationUndergraduate Students. International Journal of Recent Eductation Research, 2 (1), 65-72.
Widyati, F N dan H Irawati. (2021). Studi Literatur: Peningkatan Oral Activity Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (Sscs) Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. Inkuiri:Jurnal Pendidikan IPA. 10 (2) 71-78.
Wina, Demi Roma. Nathan Hindarto, dan Andreas Priyono Budi Prasetyo. (2017). Studi Kasus Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Semarang . Journal of Innovative Science Education (JISE), 6 (1) 17-27.
Yulianti, E.Gunawan, I. (2019). Problem Based Learning Model: The Effect on Understanding of Concept and Critical Thinking. Indonsian Journal of Science and Mathematics Education.2 (3) 3999-408. DOI: 10.24042/IJSME.V2I3.4366
Zuraida, Zulfahmi, dan Yuliana. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Jangka Buya. Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH), 3 (1), 89-94
Article Metrics
Abstract view : 604 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.