IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SIMULASI PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 DUA PITUE KALOSI

Risma Sunandar(1), Muhammad Aqil Rusli(2*), sitti saenab(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31270

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar IPA peserta didik kelas VII setelah diajar dengan menggunakan media pembelajaran Interaktif PhET (2) peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII yang diajar dengan menggunakan penerapan media pembelajaran Interaktif PhET. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experiment dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Dua Pitue Kalosi. Sampel dipilih dengan Teknik Random Sampling dan diperoleh kelas ekperimen VII.1 dengan jumlah peserta didik sebanyak
20 orang. Instrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mengetahui hasil belajar IPA peserta didik dan statistik inferensial untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif PhET. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil  belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Dua pitue kalosi secara signifikan lebih tinggi dari sebelum diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif PhET (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Dua pitue kalosi diperoleh  N- Gain 0,71 yang berada pada kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Depok: Rajawali pers

Saputra,Rozi., Susilawati dan Ni Nyoman Sri Putu Verawati. 2020. Pengaruh penggunaan Media simulasi PHET (Physyc Education Technology) terhadap hasil belajar fisika. Jurnal PIJAR MIPA. Vol 15 no 2

Haerana, A Husnul., Ramlawati., dan Sitti Rahma Yunus.2021. Pengaruh Media Simulasi PhET Terhadap Hasil belajar peserta didik kelas IX SMPN 13 Makassar ( studi pada materi pokok Listrik Dinamis). Jurnal IPA Terpadu vol 4 no 1

Mubarok, M.F & Mulyaningsih, S. 2014. Penerapan Pembelajaran Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Media PhET Simulations Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik Di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 3 no 1

Pingge, Heronimus Delu & Muhammad Nur Wangid.2016. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa seolah dasar di kecamatan kota Tombolaka.Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 2 no.1

Priadana, sidik & Denok Sunarsi.2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang Selatan : Pascal Books

Rusnita, Desi. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Simulasi PhET (Physics Education Technology) Dalam Muatan Pembelajaran IPA Di sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bumi Rafflesia no.2

Sinulingga,Pendi., Theo Jhoni Hartanto, & Budi Santoso. 2016. Implementasi pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PHET untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. vol 2 no 1

Tawil,Muhammad & Liliasari. 2018. Teori dan imlementasi pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Widya Sari, Firdha., Nurhayani H. Muhiddin., Sitti Rahma Yunus dan Sitti

Saenab. 2021. Pengaruh model pembelajaran Koperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 4 Tanasitolo ( studi pada materi zat aditif dan zat adiktif). Jurnal IPA Terpadu vol.5 no.1 hal 2

Yuniar, Ekawati; Abdul Haris dan Hj Bunga Dara Amin.2017. Penerapan Media Simulasi PhET terhadap hasil belajar fisika kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 3 no 1

Zahara, S.R, Yusrizal, & Rahwanto, A. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta didik Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 3 no 1


Article Metrics

Abstract view : 363 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.