PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI PERKEMBANG BIAKAN TUMBUHAN

Suwarno Suwarno(1), Army Auliah(2*), Arfiani Babay(3), Sitti Rahma Yunus(4),

(1) SMP Ni 4 Tanah Pinoh Barat
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 4 Sungguminasa
(4) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31134

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Rabbani Sintang dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX dengan jumlah 10 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data dikumpulkan dari hasil observasi disetiap siklus, dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis lembar observasi menunjukan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar peserta didik  dari  rerata persentase pada siklus I sebesar 79,17%, meningkat pada siklus II dengan rerata persentase sebesar 85,83%, dan pada siklus III meningkat menjadi 96,40%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada materi sistem perkembang biakan tumbuhan di kelas IX Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Rabbani Sintang  mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyana, Y. et al. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Astuti, R.P dan Junaedi, I. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui PBL pada Siswa Kelas X SMA. LIK 42 (2)

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban

Bangsa. Surakarta: UNS Press & Yuma Pustaka

Himah, E., Bektiarso, S., & Prihandono, T. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Metode Pictorial Riddle Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 216-267–267

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Insani, A, Ramlawati, Yunus, S.R, (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). JIT 2 (1) (2018) 78-87

Mamin, R., Yunus, S. R., & Ariska, I. (2018). Efektivitas Penerapan Structure Exercise Method (SEM) Dalam Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Bua Ponrang. Jurnal IPA Terpadu, 1(2).

Neliana, N, Marpaung dan Yolida. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 1

Nurfiyanti, E.P, Yennita, & Jumiarni, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Fotosintesis Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 2 Lebong Utara. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(2): 1-7 (2018)

Permendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Purwanto, Ngalim. (2013). Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Safitri. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning PBL. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(1): 103-112 (2018) e-ISSN 2598-9669.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Penerbit Kencana: Jakarta.

Sitorus, K., & Alwardah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA Terpadu, 4(2), 53-62.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tyas, K.C., Sulisyono, R., dan Widyaastuti N.S. (2020) Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas 5 SD Negeri Kertirejo.

Yusuf, N.R, Bektiarso, S, dan sudarti. (2020) Pengaruh Model PBL Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika Volume 6, Nomor 2, November 2020.

Zakiyah, H dan Ulfa, D.N. (2017) Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196.


Article Metrics

Abstract view : 976 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.