PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI PERKEMBANG BIAKAN TUMBUHAN
(1) SMP Ni 4 Tanah Pinoh Barat
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 4 Sungguminasa
(4) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31134
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyana, Y. et al. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Astuti, R.P dan Junaedi, I. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui PBL pada Siswa Kelas X SMA. LIK 42 (2)
Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban
Bangsa. Surakarta: UNS Press & Yuma Pustaka
Himah, E., Bektiarso, S., & Prihandono, T. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Metode Pictorial Riddle Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 216-267–267
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Insani, A, Ramlawati, Yunus, S.R, (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). JIT 2 (1) (2018) 78-87
Mamin, R., Yunus, S. R., & Ariska, I. (2018). Efektivitas Penerapan Structure Exercise Method (SEM) Dalam Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Bua Ponrang. Jurnal IPA Terpadu, 1(2).
Neliana, N, Marpaung dan Yolida. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 1
Nurfiyanti, E.P, Yennita, & Jumiarni, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Fotosintesis Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 2 Lebong Utara. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(2): 1-7 (2018)
Permendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Purwanto, Ngalim. (2013). Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers
Safitri. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning PBL. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(1): 103-112 (2018) e-ISSN 2598-9669.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Penerbit Kencana: Jakarta.
Sitorus, K., & Alwardah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA Terpadu, 4(2), 53-62.
Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Tyas, K.C., Sulisyono, R., dan Widyaastuti N.S. (2020) Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas 5 SD Negeri Kertirejo.
Yusuf, N.R, Bektiarso, S, dan sudarti. (2020) Pengaruh Model PBL Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika Volume 6, Nomor 2, November 2020.
Zakiyah, H dan Ulfa, D.N. (2017) Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196.
Article Metrics
Abstract view : 976 times | PDF view : 103 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.