PENERAPAN LKPD INKUIRI BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 KOTA MAKASSAR
(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.30971
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Fitriani , W., & Wangid, M. N. 2021. Berfikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Hamida, N. 2020. Pembelajaran Daring Berbasis LKPD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Buku Besar. Jurnal SMA Negeri 1 Tuban.
Handayani, N. A., Jumadi. 2021. Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 2, 217-233.
Huda, A., Azhar, N., Almasri, Wulansari, R.E., Mubai, A., dkk. 2020. Media Animasi Digital Berbasis HOTS (High Orger Thingking Skill). Padang: UNP Press
Huda, K., Primani, C. N., Lukitasari, M. 2019. Pengembangan Lembar KerjaSiswa (LKS) Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan High Order Thingking Skills (HOTS) Siswa SMP Kelas VIII Materi Sistem Ekskresi Manusia. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV, 197-207.
Karsono. 2017. Pengaruh Penggunaan LKS berbasis HOTS Terhadap Motivasi Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 1
Khabibah, N., T. Jalmo, A. Suyatna. 2018.The Use of Inkuiri-Based Student Worksheet To Instills Science Generic Skill of The Student. International Jurnal of Research-Granthaalayah. Vol.6
Kemendikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluar, Saatnya Tingkatkan Kualitas. 10 Desember 2020 (https://www.kemedikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas)
Kurniati, D., Harimukti, R., Jamil, N. A. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20, 142-155.
Sarwinda, W. 2018. Pengaruh Penggunaan Worksheet IPA Berorientasi HOTS Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SD Muhammadiyah 4 Dan 5 Jakarta. Jurnal Pendidikan Dasar
Siahaan, K. William Andri, S. T. P. Lumbangaol, J. Marbun, A. Doni Nanggolan, J. Muslim Ritonga & D. Patria Barus. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasan Konsep IPA. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1.
Wahyuni, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 164–169.
Yasin, M., D. Jauhariyah, M. Madiyo, R. Rahmawati, F. Farid, dkk. 2019. The Guided Inkuiri to Improve Students Mathematical Critical Thingking Skills Using Student’s Worksheet. Journal for the Education of Gifted Young Scientists. 7, 1345-1360
Article Metrics
Abstract view : 242 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.