PENERAPAN LKPD INKUIRI BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 KOTA MAKASSAR

Paramita Indra Saputri(1), Nurhayani H. Muhiddin(2*), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.30971

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dan peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diterapkan  LKPD inkuiri berorientasi HOTS   Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar, sampel dipilih dengan teknik Purposive-Sampling dan terpilih kelas VIII.3 dan VIII.5 yang berjumlah 32 orang sebagai sampel. Instrumen penelitian tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 item soal yang telah divalidasi. Teknik pengumpulan data adalah pemberian Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor hasil belajar IPA peserta didik di MTsN 1 Kota Makassar sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan LKPD inkuiri berorientasi HOTS pada materi sistem pencernaan manusia yaitu rata-rata skor hasil belajar pretest 14 berada pada kategori sedang sedangkan skor rata-rata posttest yaitu 17,78 berada pada kategori tinggi dari skor maksimal 25 dan rata-rata skor N-Gain 0,34 berada pada kategori sedang. Hasil analisis Inferensial dengan uji-t diperoleh  t hitung = 8,40  t tabel = 2,03951, sehingga disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar setelah menerapkan LKPD inkuiri berorientasi HOTS.

Full Text:

PDF

References


Fitriani , W., & Wangid, M. N. 2021. Berfikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

Hamida, N. 2020. Pembelajaran Daring Berbasis LKPD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Buku Besar. Jurnal SMA Negeri 1 Tuban.

Handayani, N. A., Jumadi. 2021. Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 2, 217-233.

Huda, A., Azhar, N., Almasri, Wulansari, R.E., Mubai, A., dkk. 2020. Media Animasi Digital Berbasis HOTS (High Orger Thingking Skill). Padang: UNP Press

Huda, K., Primani, C. N., Lukitasari, M. 2019. Pengembangan Lembar KerjaSiswa (LKS) Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan High Order Thingking Skills (HOTS) Siswa SMP Kelas VIII Materi Sistem Ekskresi Manusia. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV, 197-207.

Karsono. 2017. Pengaruh Penggunaan LKS berbasis HOTS Terhadap Motivasi Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 1

Khabibah, N., T. Jalmo, A. Suyatna. 2018.The Use of Inkuiri-Based Student Worksheet To Instills Science Generic Skill of The Student. International Jurnal of Research-Granthaalayah. Vol.6

Kemendikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluar, Saatnya Tingkatkan Kualitas. 10 Desember 2020 (https://www.kemedikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas)

Kurniati, D., Harimukti, R., Jamil, N. A. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20, 142-155.

Sarwinda, W. 2018. Pengaruh Penggunaan Worksheet IPA Berorientasi HOTS Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SD Muhammadiyah 4 Dan 5 Jakarta. Jurnal Pendidikan Dasar

Siahaan, K. William Andri, S. T. P. Lumbangaol, J. Marbun, A. Doni Nanggolan, J. Muslim Ritonga & D. Patria Barus. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasan Konsep IPA. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1.

Wahyuni, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 164–169.

Yasin, M., D. Jauhariyah, M. Madiyo, R. Rahmawati, F. Farid, dkk. 2019. The Guided Inkuiri to Improve Students Mathematical Critical Thingking Skills Using Student’s Worksheet. Journal for the Education of Gifted Young Scientists. 7, 1345-1360


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.