IMPLEMENTASI E-LKPD MENGGUNAKAN GOOGLE DOCUMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 1 MAKASSAR

Muhajiratul Haq Suburan(1), Hasanuddin Hasanuddin(2*), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.30944

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tingkat hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diajar menggunakan E-LKPD melalui Google Documents. (2) Peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan menggunakan E-LKPD melalui Google Documents. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Makassar yang berjumlah 480 peserta didik, sampel dipilih dengan teknik Purposive-Sampling dan diperoleh 38 peserta didik yang berasal dari kelas VIII.5 dan VIII.6 sebagai sampel. Instrumen berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 soal yang telah divalidasi ahli yang diberikan saat Pretest dan Posttest. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor Pretest 12,84 berada pada kategori cukup dan rata-rata skor posttest 17,60 berada pada kategori tinggi. Hasil rata-rata skor N-gain yaitu 0,4 berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar posttest peserta didik secara signifikan lebih tinggi dari hasil belajar pretest setelah mengikuti pembelajaran IPA menggunakan E-LKPD melalui Google Documents

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Fathimah, S., Sidik, S., & Rahman, R. 2020. Google Docs Sebagai Solusi Pengerjaan Tugas Kelompok Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid 19. Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4, 2656-6753.

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Herlina., Malla, H. A.B., & Acim. 2020. Maksimalisasi google dokumen untuk meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan. 5. 86-95.

Latifah, S., & Ratnasari. 2016. Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi AyatAyat Al- Qur’an Pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7. 25-33.

Mukhadis, A & Muladi. 2013. Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, Nomor 2: 187-195.

Novelia, R., Rahimah, D., & Fachruddin, M. 2017. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Matematika Sekolah (JP2MS), 1. 20-25.

Parade, A,. Handayani, D., & Sumpono. 2018. Menggunakan Media Internet Docs. Google pada Pokok Bahasan Reaksi Redoks Kelas X IPA di SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2. 8-13.

Pemendikbud Nomor 35 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Manteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.

Riduwan. 2019. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karya Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Tohir, M. 2019. Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Universitas Ibrahimy.


Article Metrics

Abstract view : 258 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.