MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN 12 BINTAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PEREDARAH DARAH MANUSIA

Nurasyiah Pasaribu(1), Jusniar Jusniar(2*), Masniaturrofikoh Masniaturrofikoh(3),

(1) SMP Negeri 12 Bintan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 8 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.30856

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik SMPN 12 Bintan melalui penerapan model problem based learning pada topik sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus, di mana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yaitu dengan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 12 orang (3 laki-laki dan 9 perempuan). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan pada siklus I 66,7%, pada siklus II  75% dan pada siklus III  75% sedangkan persentase keaktifan peserta didik pada siklus I adalah 36,54% , pada siklus II 63,34% dan siklus III 66,6%. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam pengajaran IPA ke mata pelajaran lain sebagai cara alternatif untuk meningkatkan  hasil belajar peserta didik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta : Renaka Cipta.

Bishop, J. (2006). Partnership for 21st Century Skills.

Fauzan, M., Gani, A., Syukri, M. (2017). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan sains Indonesia. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767.

Kamdi. (2007). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Diakses tanggal 20 Mei 2017 dari http://www.sekolahdasar.net/2011/10/model-pembelajaran-problem-based.html?m-1.

Kemmis, S., & Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemic Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489.

Rohman, A. (2011). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Laks Bang Mediatama.

Sari,L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas VII SMP Negeri 1 Stabat. Jurnal Pelita Pendidikan. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11693.

Widayanti, R., Dwi, N.K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. MATHEMA Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480.

Winkel, W.S. (2012). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.

Wulandari,I. N., Wijayanti, A., Budi, W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pijar MIPA. 10.29303/jpm.v13i1.538.

Yulianti, E., Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) : Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education. 399-408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366.


Article Metrics

Abstract view : 268 times | PDF view : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.