MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN 12 BINTAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PEREDARAH DARAH MANUSIA
(1) SMP Negeri 12 Bintan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 8 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.30856
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta : Renaka Cipta.
Bishop, J. (2006). Partnership for 21st Century Skills.
Fauzan, M., Gani, A., Syukri, M. (2017). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan sains Indonesia. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767.
Kamdi. (2007). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Diakses tanggal 20 Mei 2017 dari http://www.sekolahdasar.net/2011/10/model-pembelajaran-problem-based.html?m-1.
Kemmis, S., & Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemic Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489.
Rohman, A. (2011). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Laks Bang Mediatama.
Sari,L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas VII SMP Negeri 1 Stabat. Jurnal Pelita Pendidikan. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11693.
Widayanti, R., Dwi, N.K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. MATHEMA Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480.
Winkel, W.S. (2012). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.
Wulandari,I. N., Wijayanti, A., Budi, W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pijar MIPA. 10.29303/jpm.v13i1.538.
Yulianti, E., Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) : Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education. 399-408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366.
Article Metrics
Abstract view : 268 times | PDF view : 75 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.