PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Riza Septiana(1*), Sitti Rahma Yunus(2), Dewi Wahyuni(3),

(1) SMP Negeri 6 Satu Atap Paloh
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 1 Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.30770

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP PGRI 1 Paloh menggunakan model PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam pilihan ganda berupa soal posttest. Subjek penelitian berjumlah 10 orang. Materi yang diajarkan berturut-turut “Materi, Unsur, Senyawa, dan Campuran” dan “Sifat Asam dan Basa”. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Ketuntasan hasil belajar pada kedua siklus berturut-turut adalah sebesar 60% dan 70%.

Full Text:

PDF

References


Ardiansah, A. (2016). Identifikasi Konsep Alternatif pada Guru Kimia: Sebuah Kajian Literatur. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) Vol. 3, pp.49-54

Ardiansah, A., Masykuri, M., & Rahardjo, S. B. (2018). Student certainty answering misconception question: study of Three-Tier Multiple-Choice Diagnostic Test in Acid-Base and Solubility Equilibrium. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1), 012018. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012018

Britner, S. L., & Pajares, F. (2006). Sources of science self-efficacy beliefs of middle school students. J. Res. Sci. Teach., 43(5), 485. https://doi.org/10.1002/tea.20131

Fahana, H., Awiria & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Harapan Cerdas

Hoe, K. Y., & Subramaniam, R. (2016). On the prevalence of alternative conceptions on acid-base chemistry among secondary students: Insights from cognitive and confidence measures. Chem. Educ. Res. Pract., 17(2), 263. https://doi.org/10.1039/c5rp00146c

Johnstone, A. H. (2000). TEACHING OF CHEMISTRY - LOGICAL OR PSYCHOLOGICAL? Chem. Educ. Res. Pract., 1(1), 9. https://doi.org/10.1039/a9rp90001b

Mualimi & Cahyadi, R.A.H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka

Nakhleh, M. B. (1992). Why some students don’t learn chemistry: Chemical misconceptions. J. Chem. Educ., 69(3), 191–196. https://doi.org/10.1021/ed069p191

Pratama, A. T. (2018). Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi.

Rahmania, I. (2021). Project based learning (PjBL) learning model with STEM approach in natural sciece learning for the 21st century. Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit. Soc. Sci, 4(1), 1161-1167.

Rahmawati, R.I. (2018). Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SMPN 1 Pakusari. Eduscience Vol. I. No. 1 Halaman 33-36, from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/9490

Rha’ifa, F.A. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Ipa Biologi Menggunakan Model Reciprocal Learning dan Model Problem Based Learning. Jurnal Pijar MIPA Volume 14 No.1 Halaman: 107-112

Ramlawati. 2017. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat Volume VI No. 1 Halaman 1-14

Safitri, M., Yennita, & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Volume 2 Nomor 1 Halaman: 103-118

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Prenada Media

Taber, K. S. (2013). Revisiting the chemistry triplet: Drawing upon the nature of chemical knowledge and the psychology of learning to inform chemistry education. Chem. Educ. Res. Pract., 14(2), 156. https://doi.org/10.1039/c3rp00012e


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.