PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI METODE EKSPERIMEN
(1) MA Mambaul Ulum Bata-Bata
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 9 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.30712
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aji, S. D., Hudha, M. N., Rismawati, A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal., 1 (1): 36-51.
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Astika, I., A., M. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Eksperimen Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI)., (1):2.
Basir, A. (1988). Evaluasi Pendidikan untuk Sekolah Menengah. Surabaya: Airlangga University Press.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Druxes, H. G. Born. (1986). Kompedium Didaktik Fisika. Bandung : Remaja Karya.
Ekawati, Y., Sunarno, W., Cari. (2017). Pembelajaran Fisika Melalui Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa SMK Kelas X Pada Materi Sifat Mekanik Bahan. Jurnal Inkuiri., 6 (3): 17-28.
Hanafi, A. dan Manan, A. (1988). Prinsip-prinsip Belajar untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.
Hendrawijaya, A.T. (1999). Motivasi dan Aktivitas dalam Belajar (Diktat Kuliah), Jember: FKIP Universitas Jember.
Henukh, A., Simbolon, M., Budiman, N. A. (2019). Deskripsi Sistem Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Kontekstual. Musamus Journal Science Education., 2 (1): 22-30.
Safitri, M. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa melaui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (1): 103-112.
Sears dan Zemansky. (1993). Fisika Universitas Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Subekti, Y., Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA., 2 (2): 252-261.
Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi. 3 (1): 35.
Suliman, Sarwanto, Suparmi. (2017). Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Inkuiri., 6 (1): 21-30.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut., 5 (2): 148-158.
Suyamto, J., Masykuri, M., Sarwanto. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA., 9 (1): 46-57.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Velly, D. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains. 5 (2): 88-94.
Article Metrics
Abstract view : 82 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.