PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI METODE EKSPERIMEN

Shaufan Habibi(1*), Kaharuddin Arafah(2), Anis Nur(3),

(1) MA Mambaul Ulum Bata-Bata
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 9 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.30712

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah disertai metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Sains MA Mambaul Ulum Bata-Bata yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilakukan di semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada materi fluida. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi selama dalam kegiatan pembelajaran dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan diperoleh skor klasikal persentase aktivitas belajar fisika siswa pada siklus I sebesar 57,36% dengan kriteria sedang, siklus II 67,79% dengan kriteria aktif dan pada siklus III 73,57% dengan kriteria aktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah disertai metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa.

Full Text:

PDF

References


Aji, S. D., Hudha, M. N., Rismawati, A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal., 1 (1): 36-51.

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Astika, I., A., M. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Eksperimen Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI)., (1):2.

Basir, A. (1988). Evaluasi Pendidikan untuk Sekolah Menengah. Surabaya: Airlangga University Press.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Druxes, H. G. Born. (1986). Kompedium Didaktik Fisika. Bandung : Remaja Karya.

Ekawati, Y., Sunarno, W., Cari. (2017). Pembelajaran Fisika Melalui Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa SMK Kelas X Pada Materi Sifat Mekanik Bahan. Jurnal Inkuiri., 6 (3): 17-28.

Hanafi, A. dan Manan, A. (1988). Prinsip-prinsip Belajar untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Hendrawijaya, A.T. (1999). Motivasi dan Aktivitas dalam Belajar (Diktat Kuliah), Jember: FKIP Universitas Jember.

Henukh, A., Simbolon, M., Budiman, N. A. (2019). Deskripsi Sistem Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Kontekstual. Musamus Journal Science Education., 2 (1): 22-30.

Safitri, M. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa melaui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (1): 103-112.

Sears dan Zemansky. (1993). Fisika Universitas Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Subekti, Y., Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA., 2 (2): 252-261.

Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi. 3 (1): 35.

Suliman, Sarwanto, Suparmi. (2017). Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Inkuiri., 6 (1): 21-30.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut., 5 (2): 148-158.

Suyamto, J., Masykuri, M., Sarwanto. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA., 9 (1): 46-57.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Velly, D. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains. 5 (2): 88-94.


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.