PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA KELAS XI MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING

Yuni Erviyanti(1), Kaharuddin Arafah(2*), Anis Nur(3),

(1) MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 9 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.30681

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar pada pokok bahasan Elastisitas zat padat setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangnya aktivitas peserta didik selama guru mengajar karena proses pembelajaran hanya berfokus pada guru. Pembelajaran Fisika dirasa tidak bermakna sehingga peserta didik pasif saat pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 6 MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya yang berjumlah 27 peserta didik perempuan. Langkah-langkah yang diterapkan dalam penelitian ini antara lain perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni dengan merekam kejadian selama pembelajaran serta lembar observasi oleh observer selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Penelitian dianggap berhasil jika lebih dari 70 % peserta didik terlibat dalam aktivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa pada siklus pertama aktivitas peserta didik masih belum mencapai indikator keberhasilan. Oleh karena itu pada tindakan siklus dua peneliti merefleksi dengan cara lebih menekankan pentingnya solusi dari masalah yang disajikan serta menjelaskan secara detail komponen-komponen pada langkah-langkah pembelajaran. Pada siklus kedua didapatkan hasil bahwa keterlibatan aktivitas peserta didik sebanyak lebih dari 70% sehingga dapat dikatakan mencapai keberhasilan.

Full Text:

PDF

References


Aufa, M., Saragih, S., & Minarni, A. (2016). Development of Learning Devices through Problem based learning Model Based on the Context of Aceh Cultural to Improve Mathematical Communication Skills and Social Skills of SMPN 1 Muara Batu Students. Journal of Education and Practice, 7(24), 232-248.

Camacho, H., & Christiansen, E. (2018). Teaching Critical Thinking within an Institutionalised Problem based learning Paradigm--Quite a Challenge. Journal of Problem based learning in Higher Education, 6(2), 91-109.

Hasibuan, S. R., Damanik, M., & Nasution, H. I. (2019). Differences in Learning Models of Problem based learning and NHT Cooperative Type with Card Media Assistance to Student Learning Outcomes and Activities in Naming Chemical Compounds. Journal of Transformative Education and Educational Leadership, 1(1), 18-22.

Insani, K., Ramlawati., & Yunus, S.R. (2018).Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Palangga Kabupaten Gowa. Jurnal IPA Terpadu. 78-87. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11158

Kawuri, M. Y. R. T., Ishafit, I., & Fayanto, S. (2019). Efforts to Improve The Learning Activity and Learning Outcomes Of Physics Students With Using A Problem-Based Learning Model. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 105-114.

Mutmainnah, T., Ramlawati & Saenab, S. (2019). Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal IPA Terpadu. 1-11. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11161

Oktaviana, I. A., Saputro, A. N. C., & Utami, B. (2016). Upaya Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dilengkapi Modul Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 1 Gondang. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 143-152.

Ramadhan, Iwan. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358-369.

Rahmadani, Normala, & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Peserta Didik Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17.33: 81-95.

Wiriaatmadja, R. (2007). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 238 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.