PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI UPT SMP NEGERI 1 LIUKANG TANGAYA (STUDI PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA)

Firmansyah Firmansyah(1), Nurhayani H. Muhiddin(2*), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.28664

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Seberapa tinggi kategori hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 1 Liukang Tangaya yang  diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) Seberapa tinggi peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 1 Liukang Tangaya yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Penelitian ini merupakan pra eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 1 Liukang Tangaya yang terdiri dari 2 kelas yakni VIII.A dan VIII.B dengan jumlah 48 peserta didik. Pengambilan sampel melalui teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian hasil belajar berupa pilihan ganda yang berjumlah 25 item soal. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mengetahui skor rata-rata hasil belajar. Kategori hasil belajar peserta didik kelas VIII diperoleh saat pretest skor rata-rata yaitu 9,9 berada pada kategori rendah, sedangkan pada saat posttest skor rata-rata yaitu 16 berada pada kategori tinggi. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Liukang Tangaya dengan kategori N-Gain sedang yaitu 0,39.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Anderson L. W. & Krathwohl D. R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hake, R. R. 1999. AREA-D AmericanEducation Research Association's Devision D, Measurement and Research Methodology. Analyzing Change/Gain Score.

Hazmiwati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. .Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 7 (1).

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jihad, A. & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Joyce & Weil. 2015. Models of Teaching, 9th Edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Icn

Kemendikbud. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Kurikulum & Perbukuan, Balitbang.

Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Muhibbin, S. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Pelajar

Novianti, I., Cabe, P. 2016. Experimentation Cooperative Learning Student Team Achievement Division (STAD) Type Viewed From Learning Motivation. 1 (5).

Nurlatifah, A., & Septi, A. 2017. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keaktifan siswa. Jurnal Imiah Pendidikan IPA, 4, 48-54

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwati, N. L. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD Di Kelas VI SD Negeri 42 Mataram. Jurnal Paedagogy. 6 (1).

Rahyubi, H. 2014. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Rofina, A dan Andi, R. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP. Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training. 2 (1).

Rohika, D.P. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV SD No. 2 Beng Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1 (3).

Rusman, 2016. Model-model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Saadah. F.Y., dan Laily, Y.S. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas VII MTsN 1 Jember. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Sciences Education. 1 (2).

Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, W. 2008. Perencanaandan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning. Bandung. Nusa Media.

Slavin, R.E. 2010. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudana. I. P. A., dan I Gede, A.W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1 (1).

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Pemaja Rosdakarya.

Supardi. 2017. Statistik Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori & Aprlikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.