PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 24 MAKASSAR (STUDI PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN

Syamsidar Syamsidar(1), Hasanuddin Hasanuddin(2*), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.27311

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menerapkan media pembelajaran berbantuan aplikasi Canva, 2)  penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Sistem Pencernaan pada Manusia, 3) terdapat kesamaan hasil belajar peserta didik kelas yang diajar dengan media pembelajaran berbantuan aplikasi Canva. Jenis penelitian yaitu pre experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasinya seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 24 Makassar, sampel dipilih secara purposive sampling sebanyak 40 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang dianalisis  dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis disimpulkan 1) Hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar yang diajar dengan penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi Canva mengalami peningkatan (N-gain) dengan skor 0,30 yang masuk dalam kategori sedang. 2) Penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta diidk kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia dengan nilai thitung  hasil belajar 10,55. 3) Terdapat kesamaan peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar yang sama-sama diajar menggunakan media pembelajaran berbantuan aplikasi Canva (pada materi sistem pencernaan pada manusia) dengan nilai fhitung  hasil belajar 0,52.

Full Text:

PDF

References


Adi, M.S. (2020). Membuat desain cantik dengan mudah & cepat menggunakan canva. Jakarta: Marsudi Suarna Adi.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, M., dkk. (2020). Competence of teacher in making e-LKPD using flip book maker with emphasis on macro, submicro, and simbolic level representation of chemistry. Pelita Eksakta, 3 (1): 1-7.

Cholik, C.A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2 (6): 21-30.

Fitriyani. Y., Fauzi, I., & Sari, M.Z. (2020). Motivasi Belajar Mahapeserta didik pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6 (2): 165-175.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Research Methodology.

Handayani, I.M., Pujiastuti, E., & Suhito. (2014). Keefektifan auditory intellectually repetition berbantuan LKPD terhadap kemampuan penalaran peserta didik SMP. Jurnal Kreano, 5 (1): 1-9.

Hamida, N. (2020). Pembelajaran daring berbantuan aplikasi LKPD dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi buku besar. Jurnal SMA Negeri 1 Tuban.

Hapsari, G.P.P., & Zulherman. (2021). Pengembagan media video animasi berbantuan aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Jurnal Basicedu, 5 (4): 2384-2394.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8 (2): 79-96.

Rahmatullah., Inanna., & Ampa, A, T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbantuan aplikasi aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12 (2): 317-327.

Sudjana. (2005). Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.

Taufiqurrohman., Nunuk, S., & Suharno. (2017). Pemanfaatan LKS digital untuk meningkatkan hasil belajar KKPI di SMK Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional: 189-195.


Article Metrics

Abstract view : 459 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.