ANALISIS PEMBELAJARAN GURU IPA SMP MELALUI MODEL EVALUASI CIPP DI MASA PANDEMI COVID-19

Nur Rochmayanti(1*), Septi Budi Sartika(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.27280

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menungkap fakta/ fenomena tentang pembelajaran guru IPA melalui model evaluasi CIPP (Context, Input, Procces, Product) di masa pandemi covid-19. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Subjek penelitian ialah guru IPA SMP Muhammadiyah 9 Boarding School Tanggulangin Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada contextpembelajaran guru IPAdi masa pandemi covid-19 berkategori baik, padainputdiperoleh aspek sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran IPA termasuk dalam kategori baik pada ruang kelas, namun pada laboratorium IPA dan perpustakaan termasuk dalam kategori kurang baik, pada procces pembelajaran guru IPA termasuk dalam kategori baik, dan padaproduct,diperoleh pembelajaran guru IPA sudah termasuk dalam kategori baik dengan hasil ketuntasan sebesar 87,23% di mana dapat dinyatakanmemenuhi ketuntasan klasikal. Penelitian ini melakukan evaluasi pembelajaran IPA dari sudut pandang guru IPA, penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggali data melalui subjek yang lainnya, misalnya siswa, kepala sekolah, dan wali murid,sehingga akan diperoleh kajian analisis yang lebih mendalam. 


Full Text:

PDF

References


Ali, S., & Saludung, J. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Kimia pada SMA Negeri 3 Watansoppeng. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1-7.

Amalia, R. S., Mering, A., & Astuti, I (2019). Evaluasi Pembelajaran Ipa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Mempawah Hilir. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35344.

Anggraini, K., & Anatri, D. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kleco 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah)., 75-82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109.

Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam. 37-53. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.39.

Erlin, C., Hala, Y., & Danial, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Eremerasa. Jurnal IPA Terpadu. 22-39. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9653.

Farida, K. (2017). Penerapan Evaluasi Model Cipp (Conteks, Input, Proces, Product) Terhadap Hasil Belajar Pada Program Pembelajaran Fiqih Materi Zakat Dan Hikmahnya Di Kelas X Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. (Skripsi). UIN Raden Fatah, Palembang.

Juliantine, T., & Arifin, F. (2019). The Effect of Learning Model and Intelligence Quotient On Critical Thingking and Handball Games Performance. Jurnal Pendidikan Jasmani & Olahraga, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.16100.

Kamilati, N. (2018). Analisis Komponen Penilaian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai Acuan Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Substantif Guru. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i1.440 .

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (2014). Qualitative Data Analisis A Sourcebook Of New Methods. California: Sage.

Miski, R. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Hasil Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid. 69–73. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muyana, S. (2017). Context Input Process Product (CIPP): Model Evaluasi Layanan Informasi. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. 342-347. ISSN 2579-9908.

Nata, Abuddin. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Boarding School Berdasarkan Model Cipp. Integral: Pendidikan Matematika. 17-32. https://e journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1139.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora. 66-71.

Stufflebeam, D. (2007). CIPP Evaluation Model Checklist Second Edition. www.wmich.edu/evalctr/checklist.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatuf, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Utami, A. U., & Wardani, I. K. (2019, November). Evaluasi Pembelajaran IPA di SMP. Paper dipresentasikan di Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Bayuwangi, Bayuwangi.

Wenno, I.H. (2016). Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Peserta didik dalam Pembelajaran di SMP/MTs. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.338.


Article Metrics

Abstract view : 297 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.