PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MAKASSAR

Nida Alfiah Khazanah(1), Hasanuddin Hasanuddin(2*), Muh Tawil(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.26585

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) Besar hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII sebelum dan setelah diberikan model E-learning menggunakan aplikasi Google Classroom, (2) Besar hasil belajar IPA peserta didik perempuan dan laki-laki kelas VIII sebelum dan setelah   dilakukan  penerapan model E-learning menggunakan aplikasi Google Classroom, (3) Perbedaan hasil belajar IPA peserta didik laki-laki dan perempuan setelah dilakukan penerapan model E-learning menggunakan aplikasi Google Classroom. Penelitian ini merupakan pra-eksperimen dengan One Group Pre-test Posttest Design. Populasi peserta didik kelas VIII SMPN 30 Makassar adalah 350 orang, sample dipilih dengan menggunakan teknik puprposive sampling sehingga terpilih 2 kelas sebanyak 40 peserta didik. Instrumen penelitian adalah pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ditemukan: (1) Rata-rata skor hasil belajar IPA sebelum diajar adalah 46,40 (kategori rendah), (2) Rata-rata skor hasil belajar IPA peserta didik perempuan kelas VIII sebelum diajar adalah 48,46 (kategori rendah) dan setelah   diajar adalah 75,08 (kategori tinggi), (3) Skor hasil belajar IPA peserta didik laki-laki sebelum diajar adalah 42,27 (kategori rendah) dan setelah diajar adalah 71,42 (kategori tinggi), (4) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik laki-laki dan perempuan setelah penerapan model pembelajaran E-learning menggunakan aplikasi Google Classroom.

Full Text:

PDF

References


Frianti, W. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi. Journal Pendidikan, 11

Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiviness Of Google Classroom. Prizen Social Science Journal

Clarck, R., & Mayer, R. (2008). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning , second edition. San Francisco: John Wiley and Sons,Inc.

Esteves, M. (2018). Gender Equality In Education A Challenge For Policy Makers. Portugal: Institut Geography and spatial Planning.

Fauziah, U., Lilis, S., & Trisnendri, S. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris SMP di Subang. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Hakim, & Abdul, B. (2016). Efektifitas Penggunaan E- learning Moodle, Google Classroom, dan Edmodo . International Journal Of Technology and Business.

Handayani, T., & Sugiarti. (2002). Konsep Dan Teknik Penelitian Gender. Malang: UMM Press.

Haryono. (2015). Learning Achievement Improvement Efforts Course Learn and Learning Using the JigsawMethod and Card Media . Journal Of Education, 94.

Latif, S. (2016). Learning Engagement In Virtual Environment. International Journal Of Computer Application.

Multasih, B. (2019). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru.

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa . Jurnal Penelitian Matematika.

Oktaviani, Y.R. (2020). The Influence Of Gender On The Students’ Science Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9, 942-948

Pradana, D. B., & Rina, H. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-edu, 60.

Pratamawati, A., & Siregar, T. (2016). Perbedaan Disiplin Dan Hasil Belajar IPA antara siswa laki-laki dan Perempuan Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Materi Rangka, Otot Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP Negeri 4 ARSO. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Septatiningtyas, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Edureligia.

Setiawati, G., & Arsana , A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gender Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas Bilingual (SLUB) Sraswati 1 Denpasar. Journal Biology Education.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yudha. (2018). Motivasi Prestasi dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery.

Yusuf. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Keilmuan.


Article Metrics

Abstract view : 392 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.