PENELITIAN PENDAHULUAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS CALON GURU FISIKA
(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Indonesia Timur
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.25685
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A’yunina, Q., Sudarti, & Subiki. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal UN Fisika SMA pada Materi Medan Magnet Siswa Kelas XII di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, 03(02), 1–25.
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 6(1).
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam
Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53.
Asmawati, E. Y. S., Rosidin, U., & Abdurrahman. (2018). Efektivitas Instrumen Asesmen Model Creative Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, 6(2), 130. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/1318
Erwin, E., Permana, I., & Hayat, M. S. (2018). Strategi Evaluasi Program Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 12. Retrieved from https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2308
Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi pada Akhir Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Fluida. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27–31. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/573/399
Khaeruddin, Amin, B. D., & Jasruddin. (2013). Analisis keterampilan berpikir kritis pada Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fisika SMA. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.
Kurnianto, P., Dwijananti, P., & Khumaedi. (2010). Pengembangan kemampuan menyimpulkan dan mengkomunikasikan konsep fisika melalui kegiatan praktikum fisika sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 6–9.
Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51–73.
Marisda, D. H. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kesehatan Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi melalui Model Pembelajaran Langsung di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 267–275. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/325
Marisda, D. H., & Ma’Ruf, M. (2021). Situation analysis of mathematical physics learning with online learning during the COVID-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 15–20. Retrieved from https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012034
Ningsih, D. L., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2018). Analisis Soal Ujian Nasional Biologi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bioterdidik, 6(6), 1–10.
Ningsih, D. R., Ramalis, T. R., & Purwana, U. (2018). Analisis Teori Respon Butir, 3(2), 45–50.
Ningtyas, D. A., & Tenzer, A. (2018). Pengaruh Penerapan Asesmen Portofolio Proses Dalam Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batu. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1–9.
Nuraini, N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21 Critical Thinking Profile Of Students Of Biological Teacher Candidate As Efforts To Prepare 21 St Century Generation. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 89–96.
Putri, S. D., & Djamas, D. (2017). Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Problem-Based Learning Development Of Physics Learning Devices Based On Critical Thinking Skills In Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(1), 125–135. Retrieved from https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.648
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. Retrieved from https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Ritdamaya, D., & Suhandi, A. (2016). Konstruksi Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Terkait Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 87–96. Retrieved from https://doi.org/10.21009/1.02212
Syam, M., & Efwinda, S. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di FKIP Universitas Mulawarman, 1–5.
Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2016). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Penggunaan Media Laboratorium Virtual Pada Mata Kuliah Fisika Dasar Universitas Papua. Jurnal Pancaran Pendidikan, 5(3), 99–110.
Zainudin, Z., & Pambudi, B. (2019). Efektifitas Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Dasar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Edmodo Berplatform Android. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 17. Retrieved from https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1039
Article Metrics
Abstract view : 181 times | PDF view : 49 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.