PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK SMP KELAS VII PADA MATERI TATA SURYA
(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.25375
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Aprilia, F., Lustyantie, N., & Rafli, Z. (2020). Pengaruh Minat Baca Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Universitas Bina Darma Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 139–145.
Asniar, A., Muharam, L. O., & Silondae, D. P. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.36709/bening.v4i1.10484
Azwar, S. (2008). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Bahri, A., Hidayat, W., & Muntaha, A. Q. (2018). Penggunaan Media Berbasis AutoPlay Media Studio 8 untuk MeningkatkanAktivitas dan Hasil Belajar Siswa: Sebuah Inovasi Media Pembelajaran Using AutoPlay Media Studio 8-based Media to Improve Students’ Activities and Learning Outcome: An Innovation of Learning Media. 15(1), 394–402.
Djumhana, N. (2009). Modul 8 Pembelajaran IPA. Universitas Pendidikan Indonesia.
Gregory, R. J. (2007). Psychological Testing : History, Principles, and Applications. Pearson.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855
Nuryanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 105–119. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5733
Ritonga, N. (2017). Analisis Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Biologi di SMP Negeri Se-Kec. Medan Kota. Cahaya Pendidikan, 3(2), 77–87. https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.872
Rosma Aryani, P., Akhlis, I., Subali Jurusan Fisika, B., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 91–101. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33309
Sugandi, E. (2018). Blended Learning Sebagai Solusi Pembelajaran Matematika Bagi Generasi Digital. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 1(01), 225–234.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Syamsir, M., Danial, M., & Syahrir, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning Berorientasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 205–220. https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13315
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147–156. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279
Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Article Metrics
Abstract view : 325 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.