PENERAPAN VIRTUAL LAB PhET BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG
(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.24226
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kategori peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah penerapan virtual lab PhET berbasis android (2) apakah penerapan media virtual lab PhET berbasis android dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan tiga kelas yaitu VIII 1, VIII 3 dan VIII 5 yang terdiri dari 46 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest-Postest Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar. Pengambilan sampel melalui Teknik Purposive Sampling dan diperoleh 46 peserta didik dari 3 kelas yaitu VIII 1, VIII 3 dan VIII 5. Instrumen penelitian keterampilan proses sains berupa tes pilihan ganda berjumlah 30 item soal yang diberikan saat pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor N-Gain 0,69 berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial diperoleh uji-t (uji hipotesis) π‘βππ‘π’ππΒ = 3,643Β >Β π‘π‘ππππΒ = 2,01410. menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media virtual lab PhET berbasis android dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar pada materi pokok getaran dan gelombang.
Full Text:
PDFReferences
Abdjul, T & Ntobuo, N. E. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 7. No 3.
Efendy, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Pretest dan Postetest terhadap hasil belajar mata diklat HDW.DEV.100.2.A pada siswa smk negerii 2 lubuk basung. Vol 1.
Fauziah. (2016). Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Media Laboratorium Virtual Lab PhET Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa. Universitas Negeri Alauddin
Lamina, O. G. 2019. Investigating the effects of PhET interactive simulation based activities on students learning involvement and performance on two dimensional motion topic in physics grade 9. Journal of physiscs education. Vol 1. No 2.
Rusman. 2013. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja grafindo persada
Sari, D. P., Tjandrakirana & Kuntijoro, S. 2018. Applying Science Learning PhET Simulation to Improve Science Process Skill and Knowledege Aspect Of Junior High School Grade VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains. No 7 No 2
Safitri,L . N., Fahrudin & Jumadi. 2020. Comparison of Students science process skills after using learning an experimental and virtual laboratory on Archimedes laws. Journal Of Physics: Conference Series. Vol 1. No 4.
Yanti, N.F & Sumianto. 2021. Analisis faktor-faktor peningkatan hasil belajar peserta didik selama pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5. No 1.
Yuafi, M.E., & Endryansyah. 2015. Pengaruh penerapan media pembelajaran phet (physics education technology) simulation terhadap hasil belajar siswa kelas x TITL pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol 4, 407-414.
Article Metrics
Abstract view : 300 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Β
Jurnal IPA Terpadu (JIT)Β is licensed under aΒ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.