PENERAPAN VIRTUAL LAB PhET BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG

Tazia Dharma Wata(1), Sitti Rahma Yunus(2*), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.24226

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kategori peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah penerapan virtual lab PhET berbasis android (2) apakah penerapan media virtual lab PhET berbasis android dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan tiga kelas yaitu VIII 1, VIII 3 dan VIII 5 yang terdiri dari 46 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest-Postest Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar. Pengambilan sampel melalui Teknik Purposive Sampling dan diperoleh 46 peserta didik dari 3 kelas yaitu VIII 1, VIII 3 dan VIII 5. Instrumen penelitian keterampilan proses sains berupa tes pilihan ganda berjumlah 30 item soal yang diberikan saat pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor N-Gain 0,69 berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial diperoleh uji-t (uji hipotesis) π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”Β = 3,643Β >Β π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™Β = 2,01410. menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media virtual lab PhET berbasis android dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar pada materi pokok getaran dan gelombang.


Full Text:

PDF

References


Abdjul, T & Ntobuo, N. E. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 7. No 3.

Efendy, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Pretest dan Postetest terhadap hasil belajar mata diklat HDW.DEV.100.2.A pada siswa smk negerii 2 lubuk basung. Vol 1.

Fauziah. (2016). Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Media Laboratorium Virtual Lab PhET Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa. Universitas Negeri Alauddin

Lamina, O. G. 2019. Investigating the effects of PhET interactive simulation based activities on students learning involvement and performance on two dimensional motion topic in physics grade 9. Journal of physiscs education. Vol 1. No 2.

Rusman. 2013. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja grafindo persada

Sari, D. P., Tjandrakirana & Kuntijoro, S. 2018. Applying Science Learning PhET Simulation to Improve Science Process Skill and Knowledege Aspect Of Junior High School Grade VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains. No 7 No 2

Safitri,L . N., Fahrudin & Jumadi. 2020. Comparison of Students science process skills after using learning an experimental and virtual laboratory on Archimedes laws. Journal Of Physics: Conference Series. Vol 1. No 4.

Yanti, N.F & Sumianto. 2021. Analisis faktor-faktor peningkatan hasil belajar peserta didik selama pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5. No 1.

Yuafi, M.E., & Endryansyah. 2015. Pengaruh penerapan media pembelajaran phet (physics education technology) simulation terhadap hasil belajar siswa kelas x TITL pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol 4, 407-414.


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

Β 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT)Β is licensed under aΒ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.