HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BARRU
(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.22245
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abungu E, H. M. (2014). The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students Achievement in Chemistry in Nyando Ditrict Kenya. Journal of Educational and Social Reseach, 4-6.
Astuti, E. J. (2014). Skripsi Analisis Korelasi antara Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Bengkulu pada Pembelajaran IPA Biologi Dengan Model Siklus Belajar 5E. Bengkulu.
Azmi, M. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap iLMIAH Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (2). 86-94.
Firdaus, A., & Sinaga, Y. M. (2020). Implementasi Model PJBL terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP. Journal of Environment and Management, 1(3).259-266.
Guswita, S. B. (2018). Analaisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9 (2). 249-259.
Karyodiputra, M. I. (2018). Ekstrakurikuler Sains sebagai Upaya Pengembangan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SDIT Bina Anak Islam Krapyak. Journal STAI At-Taqwa Bondowoso, 97-105.
Permendikbud Nomor 37. (2018). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Penidikan Dasar dan Menengah.
Purnama. (2008). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT. RIneka Cipta.
Sardinah, T. d. (2017). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa dengan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13 (2). 70-80.
Sari, Y. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 7 (1). 48-53.
Sukaesih, S. (2016). Analisis Sikap Ilmiahdan Tanggapan Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28 (1), 77-85.
Article Metrics
Abstract view : 86 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.