HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BARRU

Nurlaelah Nurlaelah(1), Muh. Tawil(2*), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.22245

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui: (1) tinggi tingkat sikap ilmiah kelas VIII SMPN 2 Barru, (2) tinggi tingkat keterampilan proses sains kelas VIII SMPN 2 Barru, dan (3) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap ilmiah dengan keterampilan proses sains peserta didik pada pelajaran IPA kelas VIII SMPN 2 Barru. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan sampel sebanyak 94 peserta didik dari 122 populasi. Instrumen berupa angket sikap ilmiah dan tes keterampilan proses sains berupa soal pilihan ganda melalui link google form yang sudah divalidasi. Analisis kevalidan menerapkan analisis gregory, sikap illmiah dan keterampilan proses sains memperoleh koefisien konsistensi 100% maka instrumen tersebut memiliki tanggapan konsistensi yang kuat. Teknik analisis data yaitu deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian ditemukan: (1) Sikap ilmiah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Barru memiliki rata-rata skor keseluruhan sebesar 84,06 termasuk dalam kategori tinggi, (2) Keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMPN 2 Barru memiliki rata-rata skor keseluruhan sebesar 10,44 termasuk dalam kategori rendah, dan (3) terdapat hubungan positif tetapi tidak signifikan antara sikap ilmiah dengan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMPN 2 Barru

Full Text:

PDF

References


Abungu E, H. M. (2014). The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students Achievement in Chemistry in Nyando Ditrict Kenya. Journal of Educational and Social Reseach, 4-6.

Astuti, E. J. (2014). Skripsi Analisis Korelasi antara Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Bengkulu pada Pembelajaran IPA Biologi Dengan Model Siklus Belajar 5E. Bengkulu.

Azmi, M. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap iLMIAH Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (2). 86-94.

Firdaus, A., & Sinaga, Y. M. (2020). Implementasi Model PJBL terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP. Journal of Environment and Management, 1(3).259-266.

Guswita, S. B. (2018). Analaisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9 (2). 249-259.

Karyodiputra, M. I. (2018). Ekstrakurikuler Sains sebagai Upaya Pengembangan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SDIT Bina Anak Islam Krapyak. Journal STAI At-Taqwa Bondowoso, 97-105.

Permendikbud Nomor 37. (2018). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Penidikan Dasar dan Menengah.

Purnama. (2008). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT. RIneka Cipta.

Sardinah, T. d. (2017). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa dengan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13 (2). 70-80.

Sari, Y. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 7 (1). 48-53.

Sukaesih, S. (2016). Analisis Sikap Ilmiahdan Tanggapan Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28 (1), 77-85.


Article Metrics

Abstract view : 301 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.