HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII SMP TELKOM
(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.22242
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arianto, F.,Mahardika, D.R., & Davi, H.A. (2020). Upaya dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Literasi. Vol. 7. No. 2.
Cut, M., & Zahara, M. (2012). Hubungan Dukunan Sosial Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar. Jurnal Analitika. Vol. 4. No. 1.
Cahyani, A., Listiana., L., & Larasati, S, P, D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3. No. 1
Enterprise, J. (2014). SPSS Untuk Pemula. Jakarta: PT Alex Media Komputindo
Fatmawati., & Efendi, M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Nilai Mid Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Ecogen. Vol. 2. No. 2
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No. 1.
Hasanah. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Vol. 1. No.1.
Hidayat, R.D., Rohaya, A., & Nadine, F. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 34. No. 2.
Matua, S. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa SMPN 35 Kota Padang. The Journal Of Art Education. Vol. 6. No. 1.
Mulyaningsih, I.E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 20. No. 4.
Nasrah., & Nur, A, M. (2021). Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar IPA Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol. 4. No. 1.
Novianti, R.N. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium Dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Saung Guru. Vol. 1. No. 1
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.1. No.1.
Nurlia., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, A.O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 6. No. 2.
Putra, P. (2020). Internalisasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Konstruktivisme Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sebebal. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 2. No. 2.
Rahimah, N. (2018). Model-Model Pembelajaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Rigianti, A.H. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School 7. Vol. 7 No. 2
Salmah, A., Relita, D.S., & Suriyanti, Y. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 01 Belimbing. Jurkami. Vol. 5. No. 1
Sari, R.I.P. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik. Vol. 2. No. 1.
Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. 5. No. 2.
Sobri, M., Nursaptini., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring di Perguruan Tinggi pada
Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser. Vol. 4. No. 1.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suhery, T.J.P. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1. No. 3.
Syah, M. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tim Direktorat Pembinaan SMP. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMP. Jakarta : Kemendikbud
Article Metrics
Abstract view : 522 times | PDF view : 86 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.