PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP YPS SINGKOLE SOROWAKO
(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.22240
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agung, I. G. (2014). Manajemen Penyajian Analisis Data Sederhana. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ahmadi, A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Anderson & Krathwohl. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesemen. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Press.
Aryani, R. D., Indrawati, & Mahardika, K. (2017). Model Pembelajaran Guided Discovery (GD) Disertai Media Audio visual dalam Pembelajaran IPA (FISIKA) di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 6. No. 4.
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. 15. No. 2.
Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, S. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Fathimah, S., Sidik, S., & Rahman, R. (2020). Google Docs Sebagai Pengerjaan Tugas Kelompok Dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol. 4. No. 3.
Gunawan. (2016). Pemetaan Profil Kemampuan Penalaran Calon Guru Fisika di FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol.II. No. 1.
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Associationβs Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20
Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 3. No.4.
Haryanti, A. S. (2018). Penggunaan Media Gambar dan Media Radio Pada Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Tunas Harapan Balaraja-Tanggerang. Jurnal Kredo. Vol. 1. No. 2.
Hayati, N., Ahmad. M.Y, & Febri, H. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al- Hikmah. Vol. 14. No. 2.
Hilmi. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal. Vol. 4. No. 2.
Kemendikbud. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulim dan Perbukuan.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah- Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37. No. 1, 31.
Muhibbin, S. (2008). Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No.2, 6-7 dan 4.
Mulyasa, I, D., & Aryani, W. D. (2016). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran (Sesuai Standar Proses). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdikarya.
Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 3. No. 1.
Purwono, J., Sri, Y., & Sri, A. (2014). Penggunaan Media Audio visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2. No. 2.
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, D. N., Utami, S., & Endang, U. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V. Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 1. No. 1.
Sayidiman. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Publikasi. Vol. II. No. 1.
Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2. No. 1.
Surahmadi, B. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis Quipper School untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Termanggung. Unnes Science Education Journal. Vol. 5. No. 1.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, 103.
Tim Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Pertama. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.
Umar & Metro, Satin Jurai Siwo. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Media Pendidikan, Vol. 11. No.1, 132.
Wahyni, T., Widiyatmoko, A., & Akhlis, I. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio visual pada Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan pada Siswa SMP. Unnes Science Journal. Vol. 4. No. 3.
Yuswanti. (2016). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3. No. 4.
Article Metrics
Abstract view : 125 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Β
Jurnal IPA Terpadu (JIT)Β is licensed under aΒ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.