IMPLEMENTASI APLIKASI RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 PINRANG

Ainun Hastri Z(1), Sitti Rahma Yunus(2), Muh Tawil(3*),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.22237

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang dengan menerapkan aplikasi Rumah Belajar Kemendikbud (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang sebelum dan setelah menggunakan aplikasi rumah belajar Kemendikbud. Jenis Penelitian ini adalah Pre-Experimental Design. Desain penelitian adalah One Group Pretest-Postest Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang dipilih dengan Teknik Purposive Sampling dan diperoleh kelas VIII.1 30 orang; kelas VIII.2 31 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan pemberian pretest dan posttest. Data analisis melalui statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis disimpulkan: (1) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang dengan menerpakan aplikasi Rumah Belajar Kemendikbud tergolong kategori sedang. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang setelah menggunakan aplikasi rumah belajar Kemendikbud

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Efendy, i. (2016). Pengaruh Pembelajaran Pretest dan Postetest terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A pada siswa smk negerii 2 lubuk basung. vol 1.

Haris. (2017). Peran Teknologi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam.

Hasan, M. F., Parubak, A. S., & Yogaswara, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Rumah Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X MIA SMA Santo Paulus Manokwari pada Materi Redoks. Chemistry Education Jurnal, 121-122.

Meltzer, D. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation And Conseptual Learning Gains In Physics: A Possible "Hidden Variable" In Diagnotic Pretest Score. Departement of Physic and Astronomy.

Muhammad, MH. (2017). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Tembilahan kecamatan Tembilahan kabupaten Indragiri Hilir. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 242-251.

Mulyadi, R. (2015). Pengaruh Pemanfaatan E-learning Menggunakan “Portal Rumah Belajar Kemendikbud” terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Kuasi Eksperimen di SMPN 1 Lembang Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Redhiana. (2014). Pengembangan Kurikulum Pada Aspek Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Berbasis Lingkungan Hidup Melalui Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dinamika, 217-218.

Richard, S. (2008). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan, Pemerataan, Relevansi dan Efesiensi Pendidikan, Dikaji dari Aspek Legalitas, System, Mekanisme, Serta Intabilitasnya. Lex Jurnalica, 128-136.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. . Bandung: Alfabeta.

Warsita, B. (2019). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodidik.

Wildan , C. (2016). Pengaruh Penerimaan Teknologi Dengan Kebergunaan Web: Studi Kasus Portal Rumah Belajar Kemendikbud . Jurnal Ilmu Komunikasi.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Yustika, G. P. (2019). Masalah yang Dihadapi Dunia Pendidikan dengan Tutorial Online: Sebuah Short Review. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan .


Article Metrics

Abstract view : 342 times | PDF view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.