PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 MAKASSAR
(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.22236
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Albab, S.U. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran E-Learning Pada Era Disrupsi Di Smk Terpadu Al-Islahiyah Singosari Malang. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol 2. No 1
Anggraini, S. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Telegram Pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Video Untuk. IT-Edu Vol 3. No 2.
Daheri, M., Juliana., Deriwanto., dan Ahma, D.A. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu. Vol 4. No.4.
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. UNEJ. Vol 3.
Iksan, Z. H., dan Sumaiyah, M. S. (2017). Mobile Learning: Innovation In Teaching and Learning. International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE). Vol 1. No. 1.
Karyadi, B. (2018). Pemanfaatan Telegram Messenger Pada Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Smk Geo Informatika.
Olinan., Rosalia, M., dan Sigit, S. (2017). Pengaruh STAD Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 4. No. 2.
Qamar, K., dan Selamet, R. (2018). Efektifitas Blended Learning menggunakan Aplikasi Telegram. Jurnal Ilmu Tarbiyah. Vol. 7. No. 1
Pratama, F. A. (2016). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Telegram Dalam. Penjas Dan Interdisipliner Ilmu Keolahragaan.
Sani, R.A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Septia, N.I. (2019). Aplikasi Telegram (Tele-Edukasi) Dalam Pembelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah. Premiere. Vol 1. No 1
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuliza. (2018). Detektor Keamanan Rumah Melalui Telegram Messeger. Jurnal Teknologi Elektro.
Zakirman., dan Chichi, R. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai Media Komunikasi dan Berbagai Informasi Akademik Mahasiswa. Shaut al Maktabah Jurnal Perputakaan, Arsip, dan Dokumen. Vol 10. No.1
Article Metrics
Abstract view : 96 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.