PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 MAKASSAR

Sukmawati Sukmawati(1), Muh. Tawil(2*), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.22236

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram, 2) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi WhatsApp 3) perbedaan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar yang diajar dengan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram dan WhatsApp.Jenis penelitianadalah quasy experiment dengan desainNonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 7 Makassar. Sampel dipilih secara purposive sampling dan diperoleh masing-masing 20 peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.Instrumen berupates hasil belajar yang hasilnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram mengalami peningkatan dengan N-Gain 0,58 pada kategori sedang, 2) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi whatsapp mengalami peningkatan dengan N-Gain 0,29 pada kategori rendah, 3) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram dengan menggunakan Aplikasi WhatsApp.

Full Text:

PDF

References


Albab, S.U. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran E-Learning Pada Era Disrupsi Di Smk Terpadu Al-Islahiyah Singosari Malang. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol 2. No 1

Anggraini, S. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Telegram Pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Video Untuk. IT-Edu Vol 3. No 2.

Daheri, M., Juliana., Deriwanto., dan Ahma, D.A. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu. Vol 4. No.4.

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. UNEJ. Vol 3.

Iksan, Z. H., dan Sumaiyah, M. S. (2017). Mobile Learning: Innovation In Teaching and Learning. International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE). Vol 1. No. 1.

Karyadi, B. (2018). Pemanfaatan Telegram Messenger Pada Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Smk Geo Informatika.

Olinan., Rosalia, M., dan Sigit, S. (2017). Pengaruh STAD Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 4. No. 2.

Qamar, K., dan Selamet, R. (2018). Efektifitas Blended Learning menggunakan Aplikasi Telegram. Jurnal Ilmu Tarbiyah. Vol. 7. No. 1

Pratama, F. A. (2016). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Telegram Dalam. Penjas Dan Interdisipliner Ilmu Keolahragaan.

Sani, R.A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Septia, N.I. (2019). Aplikasi Telegram (Tele-Edukasi) Dalam Pembelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah. Premiere. Vol 1. No 1

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliza. (2018). Detektor Keamanan Rumah Melalui Telegram Messeger. Jurnal Teknologi Elektro.

Zakirman., dan Chichi, R. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai Media Komunikasi dan Berbagai Informasi Akademik Mahasiswa. Shaut al Maktabah Jurnal Perputakaan, Arsip, dan Dokumen. Vol 10. No.1


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.