PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SMA KELAS XI

Iga Selfiamawati(1*), Andi Rahmat Saleh(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.19899

Abstract


Pengembangan multimedia interaktif berbasis Lectora Inspire pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Multimedia yang dikembangkan berupa gambar, teks, video, animasi, dan evaluasi yang tergabung dalam aplikasi bernama Lectora Inspire. Uji validasi produk dilakukan oleh dua orang validator ahli berupa instrumen penelitian multimedia interaktif. Hasil validator ahli menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai nilai instrumen penilaian multimedia interaktif sebesar 4,24. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif pada struktur dan fungsi jaringan tumbuhan adalah valid.

 


Full Text:

PDF

References


Anleigh, P., & Kiran Thakar. (1996). Multimedia Systems Design. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall PTR.

Caladine, & Richard. (2008). Enhancing E-Learning with Media-Rich Content and Interactions. Hershey: Information Science Publishing.

Camelo, G. E. H., Torres, J. M. T., Reche, M. P. C., & Costa, R. S. (2018). Using and integration of ict in a diverse educational context of Santander (Colombia). Journal of Technology and Science Education, 8(4), 254–267. https://doi.org/10.3926/jotse.314.

Falahuddin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. 1(4), 104–117.

Gays, Mills, & Airasian. (2009). Educational Research : Competencies for analysis and application-9th. Ed. New Jersey: Merril-Pearson Education.

Ilomaki, L., & Lakkala, M. (2018). Digital Technology and Practices for School Improvement: Innovative Digital School Model. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(1). https://doi.org/10.1186/s41039-018-0094-8.

Moreno, R., & Mayer, R.E. (1998), A Learner-Centered Approach To Multimedia Explanations: Deriving Instructional Design Principles From Cognitive Theory. Interactive Multimedia Electronic Journal of Computer-Enhanced Learning. (online). (http://imej.wfu.edu/articles/2000/2/05/ index.asp -).Diakses 5 Januari 2021.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada (GP) Press Jakarta.

Sahid. (2012). Pengembangan Media Berbasis ICT. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930136/Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT.Pdf.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta. Retrieved from PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sidik, B. (2014). Pemrograman Web dengan Php. Solo: Santika Kencana.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Voloshyna, T., & Glazunova, O. (2014). Types of Academic Internet-Resources for It Students’ Individual Work Management. Information Technologies in Education, (21), 78–86. https://doi.org/10.14308/ite000513.


Article Metrics

Abstract view : 430 times | PDF view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.