PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PENANAMAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IXA SMP NEGERI 3 PALOPO

Hj Sitti Hadijah(1*),

(1) SMP Negeri 3 Palopo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.18971

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan penanaman karakter peserta didik kelas IXA SMP Negeri 3 Palopo yang dibelajarkan dengan penerapan model Discovery learning berbasis pendekatan saintifik materi sistem reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu satu orang guru dan seluruh peserta didik kelas IXA SMP Negeri 3 Palopo Sebanyak 31 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Aktifitas peserta didik terdiri dari dua kategori, untuk kategori positif mengalami peningkatan dari  siklus I kesiklus II untuk beberapa aspek sampai 100% dan kategori negatif mengalami penurunan sampai 0% untuk beberapa aspek. Hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan peningkatan menjadi 31 orang siswa (100%) yang hasil belajarnya tuntas. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbasis pendekatan saintifik meningkatkan hasil belajar dan pembinaan karakter peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Abadi, M. K., Pujiastuti H., Assaat L. D. (2017). Development of Teaching Materials Based Interactive Scientific Approach towards the Concept of Social Arithmetic For Junior High School Student. International Conference on Mathematics and Science Education: Journal of Physics: Conf. Series 812.

Sani, A. R. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet, A. (2018). Scientific Approach in Imparting Islamic Values in Early Childhood: A case study in Raudatul Aisyiyah Athfal Baubau L-TA’LIM JOURNAL, 25 (1), 2018, (71-76) (Print ISSN 1410-7546 Online ISSN 2355-7893) Available online at http://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim. This work is licensed under (CC-BY-SA).

Ambarsari, D. (2016). Implementation of scientific Aproach To Improve Communicating and science Learning Achievement on 4Th Grade Students. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke-5 PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016.

Sudirman, D. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Di Kelas IX SMP Negeri 36 Batam. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php (Diakses 10 Maret 2021). Online.

Dahliana, D., Setiawati, N.S., & Taufina. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA Di Kelas IV Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol.7 No.2, Oktober 2019, hal. 10 – 17 ISSN: 2337-9227. Online Jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/14754. (Diakses 17 januari 2021 Diakses 17 januari 2021).

Driver, Newton, & Osborne, 2000; VanHoorn, Nourot, Scales, & Alward, 2014). Classrooms. Science Education, 84(3), 287–312.

Firman, B., & Murtini, W. (2018). The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning, (Online), Vol. 3, No. 2, (http://journal.unnes.ac.id, Diakses 17 januari 2021).

Kemendikbud. (2013). Permendikbud no.81 A 2013 tentang implementasi kurikulum.Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khaeruddin, K., Ibrahim, M., & Supardi, I. Z. A. (2011). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab dan Kemampuan Akademik Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 1(1) (Online diakses 10 Maret 2021).

Mastuang., Erliana, E., Misbah., & Miriam, S. (2017). Penerapkan model discovery learning untuk meningkatkan karakter tanggung jawab dan kemampuan kognitif siswa. Pendidikan Fisika, FKP, Universitas Lambung Mangkura. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol.6, No. 2, Desember 2017. Online diakses 10 Maret 2021.

Nagl, G. M, Obadovic, Z. D, Segedinac, M. (2012). Effective Teaching of Physics and Scientific Method”. TEM Journal 1(2).

Nur alamsyah. (2016). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Tahun 2016 Halaman: 81 - 88 ISSN: 2527-6891 Online (Diakses 18 Januari 2021).

Parmin, Sajidan, Ashadi, Sutikno, & Maretta, Y. A. (2016). Preparing Prospective Teachers in Integrating Science and Local Wisdom through Practicing Open Inquiry. Journal of Turkish Science Education, 13(2), 3-14.

Said, M.I., Sutadji, E & Sugandi, M. (2016). He Scientific Approach-Based Cooperative Learning Tool For Vocational Students Vocation Program Of Autotronic (Automotive Electronic) Engineering. Journal of Research & Method in Education. 6 (3) 67-73

Utanto, Y., Widhanarto, G. P., & Maretta, Y. A. (2017). A web-based portfolio model as the students’ final assignment: Dealing with the development of higher education trend. Dipersentasekan di International Conference AIP Publishing. (Vol. 1818, No. 1, p. 020063).


Article Metrics

Abstract view : 283 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.