ANALISIS KONTRIBUSI KESIGAPAN BELAJAR DAN METODE BELAJAR SISWA SMP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Elsa Octavia Sitohang(1*), I Nyoman Suardana(2), Kompyang Selamet(3),

(1) Universitas Pendidikan Ganesha
(2) Universitas Pendidikan Ganesha
(3) Universitas Pendidikan Ganesha
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.18923

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi kesigapan belajar dan metode belajar siswa SMP terhadap hasil belajar IPA pada pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian adalah ex post facto yang bersifat korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Seririt Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 194 siswa. Sampel penelitian berjumlah 130 siswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Data kesigapan belajar dan metode belajar dikumpulkan menggunakan metode kuesioner sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kesigapan belajar dan metode belajar secara simultan dengan hasil belajar IPA dengan angka signifikansi lebih kecil dari 0,05, koefisien korelasi sebesar 0,95 kategori sangat kuat, dan persamaan regresi yaitu Y ̂ = 29,040 + 0,246X1 + 0,698X2. Kesigapan belajar dan metode belajar juga berkontribusi secara positif terhadap hasil belajar IPA dengan hasil sumbangan efektif (SE) kedua prediktor terhadap variabel kriterium yaitu sebesar 90,5%.

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. 2017. Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp N 27 Batam. JIPMat, 1(2):158-164.

Andrie, S., Novi, R.A., & Saputri, D. 2019. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2):117-121.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. 2018. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2):109-116.

Candiasa, I. M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha press.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djaali, H. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ebele, U. F., & Olofu, P. A. (2017). Study Habit and its Impact on Secondary School Students Academic Performance in Biology in the Federal Capital Territory, Abuja. Educational Research and Reviews, 12(10): 583–588.

Gie, The Liang. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Libert.

Gunawan, I. M. E., Murda, I. N., & Margunayasa, I. G. 2019. Hubungan Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar PKn. Media Komunikasi FPIPS, 17(1):1-10.

Jafari, H., Aghaei, A., & Khatony, A. (2019). Relationship Between Study Habits and Academic Achievement in Students of Medical Sciences in Kermanshah-Iran. Advances in Medical Education and Practice, 10, 637–643.

Juliarta, B.P.I. 2013. Determinasi Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, dan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Praktik (Studi Persepsi Siswa Seni Rupa di SMKN 1 Sukawati). Tesis. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Kemendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Napsawati. 2020. Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah COVID-19 (Studi Kasus Peserta Didik MTS DDI Seppange Kabupaten Bone). Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(1):6-12.

Narayana, I.W.G. 2016. Analisis Terhadap Hasil Penggunaan Metode Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous. Semnasteknomedia Online, 4(1): 1-4-139.

Permendikbud 2018. Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Prayitno. 2002. Seri Latihan Keterampilan Belajar (program semu que IV). Padang: Depdiknas.

Purwanto, M. N. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosyida, F., Utaya, S., & Budijanto, B. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(2):17-28.

Rezaie Looyeh, H. Kazem Nejad Leili, E. 2017. The Relationship between the Study Habits and the Academic Performance of Medical Sciences Students. Journal of Holistic Nursing and Midwifery, 27(2), 65–73.

Saifullah, S., & Muchlis, M. 2019. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1):1–10.

Santyasa, I. W. 2014. Assesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Graha Ilmu.

Sinaga, L., Harahap, K. R. P., Sihaloho, C. A. P. Y., & Bukhari, I. 2020. Analisis Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi IPA Selama Pandemi Covid-19 di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPAI), 1(1):29-30.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Erlamsyah, & Yusri. 2016. Hubungan Kemampuan Menyelesaikan Tugas-tugas Pelajaran dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2):14-19.

Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Widyantari, S. K. W., Suardana, I. N., Selamet, K. 2019. Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif dan Sosial Afektif Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2):151-160


Article Metrics

Abstract view : 490 times | PDF view : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.