PENGARUH STRATEGI BELAJAR MNEMONICS RHYTHM AND RHYME TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Khamsiah Mawar Fatmah(1*), Ratnawaty Mamin(2), Nurhayani H. Muhiddin(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.18864

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan motivasi belajar peserta didik UPT SMP Negeri 1 Mattiro Bulu Pinrang yang diajar menggunakan strategi mnemonics rhythm and rhyme.  (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik UPT SMPN 1 Mattiro Bulu Pinrang yang diajar menggunakan strategi mnemonics rhythm and rhyme. (3) Pengaruh strategi mnemonics rhythm and rhyme terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di UPT SMPN 1 Mattiro Bulu Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental, pengambilan sampel purposive sampling dengan beberapa pertimbangan dan didapatkan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang. Hasil analisis deskriptif peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor N-Gain 0,56 berada pada kategori sedang, dan untuk kelas kontrol rata-rata skor N-Gain 0,24 berada pada kategori rendah, sedangkan untuk hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor N-Gain 0,64 kategori sedang dan rata-rata skor N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,33 kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi mnemonics rhythm and rhyme terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik UPT SMPN 1 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang pada materi klasifikasi materi dan perubahannya.

Full Text:

PDF

References


Amin, E. V., Andayani, Y., & Sukib, S. (2018). Hubunga Antara Minta Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice Vol 1.

Debreceny, A. (2015). Rhyme, Rhythm, and The Three R's: The Creative Process of Developing Curriculum-Based Songs for The Classroom. International Journal of Arts & Sciences Vol 08. Hal 315-324.

Dewanti, R. A., Prihatin, J., & Sulifah, A. (2014). Penerapan Metode Mnemonik dengan Media Kartu Berpasangan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Jember . ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1, 1-6.

Djiwandono, S. E. (2006). Psikologi Pendidikan (ed. revisi). Jakarta: Grasindo.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembela-jaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jannah, R., & Rosnawati. (2018). Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknik Mnemonics Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7 (3).

Maghy, J. S. (2015). Effectiveness of Mnemonincs on Achievement of Students in Mathematics at Highschool Level. International Journal Of Modern Engineering Research (IJMER) Vol 5, 1-4.

Kurniawan, A. & Nugrahali, M. (2014). Efektifitas Strategi Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Dunia Tumbuhan (Plantae) Kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan 1(2), 453-458.

Lubin, J., & Polloway, E. A. (2016). Mnemonic Instruction in Science and Social Studies for Students with Learning Problems: A Review. Learning Disabilities: A Contemporary Journal 14(2), 207–224.

McPherson, F. (2018). Mnemonics For Study (2nd ed). New Zealand: Wayz Press.

Nisak, U.M., Ibrahim, M., Kusnawanti, N. (2017). Validitas Media Video Terintegrasi Mnemonic Rhymes and Songs Pada Materi Sistem Gerak Manusia dan Pengaruhnya Terhadap Retensi Siswa Kelas XI SMA. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6 (1).

Nur, M. (2005). Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Relawati, & Defitriani, E. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Kuliah Teori Probabilitas Semester 2 Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNBARI Jambi Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol 18.

Romero, P. X. (2017). Teaching and Learning English through Songs: A Literature Review. MSU Working Paper in SLS Vol 8.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Tegge, F. (2018). Pop Song In The Classroom Time-filler or Teaching Tool?. ELT Journal Vol 72(3).

Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 461 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.