PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEPUASAN MENGGUNAKAN FASILITAS DAN PELAYANAN AKADEMIK DI JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AMBON

Nina Yuliana Mulyawati(1*),

(1) Prodi Pendidikan Biologi IAIN Ambon
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.15682

Abstract


Institut Agama Islam Negeri Ambon sebagai lembaga pendidikan yang memberikan layanan jasa berupa pendidikan didalamnya tercakup layanan akademik dan ketersediaan sarana prasarana penunjang. Sampel diperoleh dari tiga angkatan yang masih aktif mengikuti perkuliahan berdasarkan rumus Slovin, di mana perhitungan ukuran sampel didasarkan atas kesalahan 10% dan memiliki taraf kepercayaan 90% terhadap populasi. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian divalidasi terlebih dahulu oleh validator ahli konten, ahli media dan ahli bahasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode pengukuran persepsi. Persepsi mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan fasilitas Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon berada pada kategori sedang dengan nilai 3,13, sedangkan persepsi mahasiswa terhadap kepuasan layanan akademik Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon berada pada kategori tinggi dengan nilai 3,45.

Full Text:

PDF

References


Amin, S. (2017). Strategi peningkatan Kualitas Pelayanan Akademik Pada Sekolah Tinggi. Jurnal Wahana Akademia. Volume 4 No 2

Arikunto, S. (1998). Organisisasi Dan Administrasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Cet. II. Jakarta: PT Raja Grafindo

Arimawati, R. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kinerja Pegawai ADMINISTRASI Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang

Aulianto, Alamsyah dan Rohmiyati. (2012). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akademik Terhadap Kualitas Layanan Akademik Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Bungin, B. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gajah, N. S. (2018). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Penanggulangan Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII di Mts Madinatussalam Tembung. Skripsi Univeristas Islam Negeri Sumatera Utara

Hallowell, R., L. Schlesinger & J. Zornitsky. (1996). “Internal Service Quality, Customer and Job Satisfaction: Linkages And Implications For Management”, Human Resource Planning

Ilyas. (2014). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Dosen Pendidikan Agama Islam (Penelitian Pada Mahasiswa Semester II Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang). Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 31 Nomor 2

Kemendikbud. (2015). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mariani et al. (2014). Studi deskripsif mengenai persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan tenaga nonpendidik UNISBA. Prosiding Psikologi.

Nurina, Masjuhdi, dan Tenzer, A. (2012). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKPD) dengan Model Siklus Belajar 5E Berbasis Konstruktivistik pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Kelas XI SMA. e-journal. Universitas Negeri Malang. http://jurnal-online.um.ac.id.pdf.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan, dan Kuncoro, E. A. (2007). Cara Menggunakan dan, Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto. (2004). Analisis Statistika Sosial. Malang: Bayumedia Publishing

Sugiyono. (2005). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Cv Alfabeta.

Tyas, W. M. (2017). Analisis Pengaruh Sistem Informasi Akademik Terhadap Kepuasan Layanan Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. Vol 3. No 2

Wahyudi, N. (2010). Persepsi Mahasiswa Trisakti Terhadap Perpustakaan Universitas Trisakti. Skripsi Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 234 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.