PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII
(1) Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu
(2) Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu
(3) Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.15500
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan seluruh peserta didik kelas VIIB SMPN 1 Bengkulu Selatan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil belajar peserta didik aspek kognitif siklus I memiliki persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 60% dengan kriteria belum tuntas, dan di siklus II meningkat menjadi 85% dengan kriteria tuntas. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Arief, H.S., Maulana, Dan Ali, S. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah: vol. 1(1): 141-150. (online) http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/11263, diakses 21 November 2018.
Hadija, Charles, K., dan Juraid. 2016. Penerapan Metode Diksusi Untk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDN No. 2 Tamarenja kecamatan sindue toata. Jurnal kreatif tadulako online vol. 4 (8): 11-30. (online) https://www.neliti.com/id/publications/108273/penerapan-metode-diskusi-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-murid-kelas-iv, diakses 30 Juni 2019.
Kemendikbud. 2014. Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kurniawan, D. A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal pendidikan dan pembelajaran biologi vol. 1 (1): 8-15. (online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/3157/1603, diakses 30 November 2018.
Lafil, K. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal pendidikan dan pembelajaran biologi vol. 2 (2): 8-15. (online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6798/3392, diakses 30 November 2018.
Manda. 2016. Fungsi Pengorganisasian dan evaluasi peserta didik. Journal of islmamic, Education management 1 (1): 89-101. (online) https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola/article/view/432, diakses 30 Juni 2019.
Mujiono, & Dimyanti. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Paloloang, M. F. B. 2014. Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran dikelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulaku. vol 2 (1) 67-77. (online) http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3232, diakses 30 Juni 2019.
Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Purwaningsih E. E. 2019. Peran guru sebagai fasiltator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar dikelas XI SMK. Jurnal pendidikan dan pembelajaran 5 (10): 1-14. (online) http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/17132/14624, diakses 30 Juni 2019.
Putra, S. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sasmitamihardja. (1997). Fisiologi Tumbuhan. Bandung: ITB.
Sudjana, N. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susminiarti, F., Irwandi, A., Yenita. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Siswa Kelas VIIB SMPN 7 Kota Bengkulu. Jurnal pendidikan dan pembelajaran biologi 3 (1): 90-99. (online). http://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/7952/4078, diakses 30 Juni 2019.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 973 times | PDF view : 104 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.