ANALISIS KEMAMPUAN HOTS MELALUI PJBL DIMASA PANDEMI COVID-19 MAHASISWA SEMESTER 2 PADA MATA KULIAH IPA LANJUT

Nur Ngazizah(1*), Rizky Fadjar Choirrul Linda(2), Siska Giyan Kurniasari(3), Aulia Fakhrina(4), Widanti Widanti(5),

(1) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(2) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(3) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(4) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(5) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.15472

Abstract


PJBL merupakan model pembelajaran yang efektif dilakukan ketika pandemi covid-19 untuk meningkatkan HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan HOTS mahasiswa dalam menyelesaikan resume, peta konsep, komentar, dan UAS materi gelombang dan bunyi setelah diberikan pembelajaran dengan model PJBL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa semester2 program studi PGSD yang berjumlah  91 orang. Teknik pengumpulan data dengan membuat  resume untuk (berpikir kritis), peta konsep (berpikir kritis), komentar (keputusan), dan UAS (memecahkan masalah). Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam pembelajaran gelombang dan bunyi sebagai berikut: (1) Persentase HOTS proyek resume dengan kategori sangat baik adalah 31,86%, kategori baik 58,24%, kategori cukup 2,10%, kategori kurang  5,25%, dan kategori sangat kurang 2,10%; (2) Presentase HOTS proyek peta konsep kategori sangat baik adalah  17,58%, kategori baik 71,42%, kategori cukup 5,50%, kategori kurang 4,40%, dan kategori sangat kurang 1,10%; (3) Presentase HOTS proyek komentar dengan kategori sangat baik adalah 20,87%, kategori baik 69,24%, kategori cukup 4,40%, kategori kurang  2,10%, dan kategori sangat kurang 3,30%; (4) Presentase HOTS proyek UAS dengan kategori sangat baik adalah 0%, kategori baik 96,70%, kategori cukup 3,29 %, kategori kurang 0% dan kategori sangat kurang 0%.

Full Text:

PDF

References


Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 5(1), 64-70.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higjer order thinking skills in your classroom. Alexandria, VA: ASCD .

Chasanah, ARU, Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 7 (1), 19-24.

Finita Dwi. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik Vol. 9, No. 2, Januari 2015.

Hutapea, J., & Lubis, S. S. (2017). Desain Pembelajran Fisika: Mengembangkan Keterampilan Decision Making Menggunakan Model Project Based Learning.

Indriajati, R., & Ngazizah, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Siswa SD Muhammadiyah Purworejo. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 111-117.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project Based Lerning terhadap Motivasi belajar, Kreativitas,Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 2017,7.1:9-21.

Jumadin, L., Hidayat, A., & Sutopo, S. (2017). Perlunya pembelajaran modelling instruction pada materi gelombang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 325-330.

Khotimah, K., & Ngazizah, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek “Snake and Lad-Der” Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 78-75.

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241-251.

Linda, R. F. C., Widodo, S., Setyanto, S., Karimah, N., & Ngazizah, N. (2019). Penerapan Project Based Learning Pada Praktikum Mahasiswa PGSD Semester 2 untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pemecahan Masalah. Proceeding of The URECOL, 214-222.

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M.F.A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap hight order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 2019, 7.2.

Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85-92.

Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik Sains dalam Pembelajaran IPA SD. Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019.


Article Metrics

Abstract view : 929 times | PDF view : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.