ANALISIS KEMAMPUAN HOTS MELALUI PJBL DIMASA PANDEMI COVID-19 MAHASISWA SEMESTER 2 PADA MATA KULIAH IPA LANJUT
(1) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(2) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(3) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(4) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(5) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.15472
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 5(1), 64-70.
Brookhart, S. M. (2010). How to assess higjer order thinking skills in your classroom. Alexandria, VA: ASCD .
Chasanah, ARU, Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 7 (1), 19-24.
Finita Dwi. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik Vol. 9, No. 2, Januari 2015.
Hutapea, J., & Lubis, S. S. (2017). Desain Pembelajran Fisika: Mengembangkan Keterampilan Decision Making Menggunakan Model Project Based Learning.
Indriajati, R., & Ngazizah, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Siswa SD Muhammadiyah Purworejo. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 111-117.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project Based Lerning terhadap Motivasi belajar, Kreativitas,Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 2017,7.1:9-21.
Jumadin, L., Hidayat, A., & Sutopo, S. (2017). Perlunya pembelajaran modelling instruction pada materi gelombang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 325-330.
Khotimah, K., & Ngazizah, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek “Snake and Lad-Der” Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 78-75.
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241-251.
Linda, R. F. C., Widodo, S., Setyanto, S., Karimah, N., & Ngazizah, N. (2019). Penerapan Project Based Learning Pada Praktikum Mahasiswa PGSD Semester 2 untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pemecahan Masalah. Proceeding of The URECOL, 214-222.
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M.F.A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap hight order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 2019, 7.2.
Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85-92.
Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (1).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik Sains dalam Pembelajaran IPA SD. Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019.
Article Metrics
Abstract view : 910 times | PDF view : 149 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.