PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII (STUDI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA)
(1) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.14553
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ege, B. & Mrio A. (2012). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah pertama Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Vox Edukasi, Hal. 72-81. Vol. 3 No. 4
Fujiyanto, A. A. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1. No. 1.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change, Gain Score. Http://www.physich.indiana.edu/.
Jalinus, N. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Kariasi, K. M. (2016). Penerapan Multimedia Model Simulasi dalam Pemebelajaran IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Ulubongk Kabupaten Tojo Una Una. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Vol. 5. No. 3. Hal. 31-35. ISSN: 2089-8630.
Purwono, J. S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2 Hal. 127-144. ISSN: 2354-6441.
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Saenab, S., Ramlawati, dan Irma S. (2018). Pengaruh Media Video Dengan Pendekatan Kontektual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTS Negeri Gantarang Kab. Bantaeng (Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, Vol. 1 No. 2 Hal. 57-67.Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada Group.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran (Teori & Aplikasi). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tiro. (2015). Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher.
Wahyuni, T. A. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual pada Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA UNNES, Hal. 998-1004. Vol. 4 No. 3.
Article Metrics
Abstract view : 1078 times | PDF view : 144 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.