INOVASI PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL ERCoRe TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAREPARE

Rezki Eka Pratiwi(1*), Nurhayati B(2), Hartati Hartati(3),

(1) Jurusan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.14515

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ERCoRe (Eliciting, Restructuring, Confirming, Reflecting) terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Parepare tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.8 sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII.9 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan ialah tes keterampilan metakognitif dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan uji hipotesis secara inferensial melalui uji t. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran ERCoRe terhadap keterampilan metakognitif siswa.

Full Text:

PDF

References


Alismail, H.A., & McGuire, P. (2015). 21St Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice. 6(6):150-154.

Cabrera-Solano, P., Gonzalez-Torres, P., Solano, L., & Castillo-Cuesta L. (2019). Using Visual Vocabulary App as a Metacognitive Strategy in EFL Learning: A Case of Pre-Service Teachers. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. 18(12), pp. 302-315.

Corebima, A.D. (2006). Pembelajaran Biologi Yang Memberdayakan Kemampuan Berpikir Siswa. Makalah disajikan da¬lam Pelatihan Strategi Metakognitif pada Pembelajaran Biologi untuk Guru-guru Biologi SMA, Lembaga Pengabdian Ke¬pada Masyarakat (LPKM) UNPAR, Pa-langkaraya, 23 Agustus 2006.

Corebima, A.D. (2008). Metacognitive Skill Measurement Integrated in Achievement Test. State University of Malang

Edmondson, K. M., & Smith, D.F. (1996). Concept Mapping to Facilitate Veterinary Students’ Understanding of Fluid Disorders. Paper presented at the annual meeting of the American Educational Research Association. New York.

Gracia, T., Cueli, M., Rodriguez, C., Krawes, J., & Gonzales-Castro, P. (2015). Metacognitive Knowledge and Skills in Students with Deep Approach to Learnig. Evidence from Mathematical Problem Solving. Revista de Psicodidactica. 20(2), 209-226.

Hake, R.R. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. 8(1), 1-14.

Hasri, Y., Yusmin, E. & Nursangaji, A. (2016). Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Problem Solving Berbentuk Open Start Berdasarkan Gaya Kognitif di SMP. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Khatulistwa. 5(5).

Ismirawati, N., Corebima, A.D., Zubaidah, S. & Syamsuri, I. (2015). Prototype Model Pembelajaran ERCoRe untuk Memberdayakan Keterampilan Metakognisi. Makalah diseminarkan pada Seminar Nasional UNS. Solo: UNS

Ismirawati, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Eliciting, Restructuring, Confirming, Reflecting (Ercore) pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Pangkep. Disertasi. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana.

Kristiani, N. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Saintifik dalam Mata Pelajaran Biologi SMA Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. 513-518. Solo: UNS.

Mamu, H.D. (2014). Profil Keterampilan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi di SMP. Kreatif, vol 17(3).

Nurhayati, B., & Hadis, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Putri, R.S., Susanto & Kurniati, D. (2015). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis & Sudut Kelas VII-C di SMPN 1 Genteng Bayuwangi. SRA Education. 7(1).

Ramadhanti, D. (2019). Students’ Metacognitive Weaknesses in Academic Writing: A Preliminary Research. International Journal of Emerging Technologies in Learning. 14(11)

Setiawan, D., & Susilo, H. 2015. Peningkatan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Biologi Melalui Penerapan Jurnal Belajar Dengan Strategi Jigsaw Dipadu Pbl Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Biologi Umum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015.

Shadbolt, N.R. & Smart, P.R. (2015). Knowledge Elicitation. In J. R. Wilson & S. Sharples (Eds.), Evaluation of Human Work (4th ed.). CRC Press, Boca Raton, Florida, USA.

Shoebottom, Paul. 2007. The Importance of Reading. Diakses 25 Januari 2020 dari http://www.familyresource.com/parenting/childdevelopment/why-reading-issoimportantfor children,).

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Terjamahan Narrolita Yuson. Bantung: Nusa Media

Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Tanaka, K., Dam, C. H., Kobayasih, S., Hashimoto, T.,& Ikeda, M. (2016). Learning how to learn throygh experiental leaning promoting metacognitive skills to improve knowledge co-creation ability. International Conference on Knowledge Management, Viebba Austria, Oktober 2016. 146-156.

Wiliams, K. (2012). Peta Pemikiran (Thinking Maps). Edisi bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks.

Yuwono, C.S.M. (2014). Peningkatan Keterampilan Metakognisi Siswa dengan Pembelajaran Jigsaw-Modifikasi. Jurnal Santiaji Pendidikan. 4 (1).


Article Metrics

Abstract view : 999 times | PDF view : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.