EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MODUL JARINGAN PADA TUMBUHAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DAN BUKU PAKET BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Roslina Roslina(1*), Nurhayati B(2), Rachmawaty Rachmawaty(3),

(1) Jurusan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.14407

Abstract


Efektivitas pemanfaatan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik dan buku paket biologi dapat mendorong pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran dan memberikan keseimbangan, melatih serta memperkuat kompetensi peserta didik dalam hal sikap, pengetahuan dan kemampuan secara utuh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kegiatan pembelajaran dapat berhasil dengan baik, apabila ada peran guru dalam proses pengajaran. Keberhasilan ini banyak bergantung pada usaha guru dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, penting menciptakan kondisi tertentu agar peserta didik selalu termotivasi dan ingin terus belajar. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombongan belajar peserta didik di SMA Negeri 9 Pinrang tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari tiga rombongan belajar. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan analisis secara inferensial dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistic versi 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) motivasi belajar peserta didik melalui pemanfaatan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik berada pada kategori tinggi, (ii) motivasi belajar peserta didik melalui pemanfaatan buku paket biologi berada pada kategori rendah, dan (iii) ada perbedaan motivasi belajar peserta didik melalui pemanfaatan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik dan buku paket biologi.


Full Text:

PDF

References


Aritonang, K. T. 2008. Minat & Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, (online), No. 3, (http:// bpkpenabur.or.id/ Diakses 24 Agustus 2019).

Bedduside, N & Hadis, A. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Daud, 2010. Pengaruh pembelajaran dengan metode pemberian tugas dan resitasi terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Makassar. Bionature, (Online), Vol. 11 No. 2, (http://ojs.unm.ac.id, Diakses 06 November 2019).

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Firman., Baedhowi., & Murtini, W. 2018. The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning, (Online), Vol. 3, No. 2, (http://journal.unnes.ac.id, Diakses 26 Agustus 2019).

Keller, J. 1984. Development of Two Measures of Leaner Motivation, Florida State University, (Online), (http://www.scribd.com.Hakhwat/ARCSDraft-060222, Diakses 03 Oktober 2019).

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nasihin, M., Juhmhari, M., & Sulaeman, S.M. 2016. Pendekatan Scientific Dapat Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD IMPRES Kota Palu. e-jurnal Mitra Sains (Online), Vol. 4 No. 1 (http://www.jurnal.untad.ac.id, Diakses 02 Februari 2020).

Pintrich, P. R. 2003. A Motivational Science Perspective On The Role of Student Motivation in Learning and Teaching Context. Journal of Education Psychology, (Online), Vol. 95, No. 4, (http://psycnet.apa.org, Diakses 21 Maret 2019).

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Roslina. 2017. Pengembangan Modul BerbaDisis Pendekatan Saintifik sebagai Bahan Ajar Biologi pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan-Hewan untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi. Tidak diterbitkan. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Shahzadi, I., Javed, A., Pirzada, S. S., Nasreen, S., & Khanam, F. 2014. Impact of Employee Motivation on Employee Performance. European Journal of Business and Management, (Online), Vol. 6, No. 23, (http://pdfs.semantischolar.org, Diakses 26 Agustus 2019).

Sutrisno, W., Dwiastuti, S. & Karyanto, P. 2012. Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, (Online), Vol. 9, No. 1, (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id, Diakses 07 Juni 2019).

Uno, H. B. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wenno, I. H. 2010. Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di SMP/MTS.


Article Metrics

Abstract view : 316 times | PDF view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.