PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN 3 MAKASSAR

Widyastuti Widyastuti(1), Ratnawaty Mamin(2*), Muh. Tawil(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.14329

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan multimedia Lectora Inspire, (3) menguji perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional dengan multimedia Lectora Inspire. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Makassar yang berjumlah 11 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria dan diperoleh kelas VII.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes hasil belajar berupa pilihan ganda berjumlah 25 item soal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan pemberian pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan menggunakana analisis deskriptif. Statistik deskriptif untuk mengetahui hasil deskriptif pada skor rata-rata hasil belajar. Hasil analisis dari hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan multimedia Lectora Inspire diperoleh skor rata-rata N-Gain 0,75 berada pada kategori tinggi dan pada kelas kontrol 0,65 berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial uji-t menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional dengan multimedia Lectora Inspire.


Full Text:

PDF

References


Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap minat dan hasil belajar peserta siswa kelas IV SD. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, Vol. 2, No 1, Hal 94-104.

Faizah, O. N., Simamora, A. H., & Sidatha, I. W. (2019). Pengembangan Multimedia dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 52-58.

Kartikasari, G. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaa Manusia. Dinamika Penelitian. Vol. 16, No 1, Hal 59-77.

Saputro, Masturi, & Supriyadi. (2019). The effectiveness of instructional media based on lectora inspire towards student’s achievement. Proceeding of Commercialising Innovative Research in Science, Mathemathics, and Education for Addressing Industrial 4.0 Era, Semarang: 9- 10 Oktober 2019. Hal 1-6

Sanwidi, A., & Swatika, G. T. (2018). Direct learning models assisted by Lectora Inspire media to improve the understanding of geometry concepts. Proceeding of The Sixth Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan 2018, Yogyakarta: 3 November 2018. Hal 1-10.

Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 9-16, Vol.20, No. 1.

Sutrisno, V. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 6, No.1, Hal. 111-120.

Wijaya, A. H., Slamet, L., & Said, D. L. (2014). Pengaruh aplikasi Lectora Inspire berbasis ICT sebagai media pembelajaran interaktis pada mata pelajaran diklat SOD terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan teknik komputer jaringan SMKN 1 Tanjuang Baru. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, Vol.2, No. 2, Hal.7-12.

Yasin, A., Soeprianto, Y., & Kuswandi, D. (2020). Multimedia Simulasi Getaran untuk Meningkatkan Hasil Beljar Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol.3, No.1, Hal. 40-48.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.