PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII

A Nuur Taufik Rahmat(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.13423

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis keterampilan proses sains yang valid dan efektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disseminate). Modul IPA yang dikembangkan menggunakan keterpaduan model Webbed. Modul yang dikembangkan berbasis keterampilan proses sains, yang meliputi mengamati, merumuskan masalah, menyusun hipotesis, merancang percobaan, mengkomunikasikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan instrumen lembar validasi ahli dan tes untuk menilai keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian pada tim ahli/pakar menunjukkan bahwa rata-rata skor perangkat tergolong valid. Hal ini berarti modul yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan. Selanjutnya persentase hasil penilaian keefektifan modul yang diukur dengan tes keterampilan proses sains menunjukkan skor tes rata-rata berada pada ketegori tinggi. Berdasarkkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa modul IPA terpadu berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dan efektif


Full Text:

PDF

References


Jufri, W. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Raka Cipta.

Muzari, I., Ashadi., & Bakoro A. P. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasisi Sets Pada Tema Makanan Sehat dan Tubuhku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inkuiri, Vol. 5, No. 1.

Oktavia, R. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 3, No. 1.

Kementrian Pendidikan & Kebudayaan. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Thiagarajan, S., Semmel D.S dan Semmel M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectacional Children. Indiana: University Bloomington.

Yuliati, L. (2013). Efektifitas Bahan Ajar IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 13, No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:
Jl. Daeng Tata Raya, Parangtambung, Tamalate, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90244
Email: jit@unm.ac.id
CP: 085255626679

Indexed by: