PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED BERBASIS KONTEKSTUAL PESERTA DIDIK KELAS VIII TEMA MAKANAN

A. Fitriani Suryadi(1*), Sudarto Sudarto(2), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) STKIP Yapti Turatea Jeneponto
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.13421

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan handout pembelajaran IPA terpadu tipe webbed berbasis kontekstual di kelas VIII pada tema makanan, 2) untuk mengetahui respon peserta didik dan pendidik terhadap handout IPA terpadu tipe webbed berbasis kontekstual pada tema makanan, dan 3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan handout pembelajaran IPA terpadu tipe webbed berbasis kontekstual pada tema makanan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode research and development (R & D) dan model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model four D (model 4-D). Uji coba produk menggunakan one group pretest posttest design, yang di laksanakan di SMPN 2 Majene kelas VIIIA tahun pelajaran 2016/2017 semester genap, dengan jumlah subyek 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, dan lembar tes hasil belajar. Hasil belajar diolah dengan menggunakan N-gain skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) handout pembelajaran IPA terpadu tipe webbed berbasis kontekstual pada tema makanan yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan penilaian dari validator dengan rata-rata perolehan nilai yaitu 3,4 berada pada kategori valid, (2) respon peserta didik dan pendidik terhadap handout IPA terpadu tipe webbed berbasis kontekstual pada tema makanan adalah Sangat Positif dengan rata-rata nilai yaitu 89 % dan 94 %, dan (3) N-gain hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan handout pembelajaran IPA terpadu tipe webbed dengan persentase penilaian 53,5 % yang menunjukkan peningkatan berada dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan handout pembelajaran IPA terpadu tipe webbed berbasis kontekstual pada tema makanan layak digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Akhtar, A., & Akbar. R. A. (2011). Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Consideration. Jurnal of Elementary Education, Vol 18 (1-2).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2013). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.

Faizah, A., Kurniawan, E, S., & Nurhadi. (2014). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Guided Note Taking Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi, Vol. 5 No. 2.

Fauzi., U. (2015). Desain Penelitian Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Cahaya dan Warna untuk Pembelajaran IPA SMP. SNIPS. Bandung: Indonesia.

Fogarty, R. (1991). How to Integrate the Curricula. Illinois, IRI/sky publishing inc.

Hadisubroto, H. (2000). Pembelajaran Terpadu Materi Pokok PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hake, R. (1991). Analzing Change/Gain Scare. http://www.physis.indiana.edu/sdi/analyzingchange-gain.pdf. Makassar. Diakses pada tanggal 28 Juli 2016.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Husna, H., N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran IPA Terpadu Model Webbed dengan Tema Gunung Berapi. SNIPS. Bandung: Indonesia.

Jake, Keith. (2011). Overhauling Technical Handouts for Active Student Participation: A Model for Improving Lecture Effeciency and Increasing Attendance. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Vol. 23 No. 1.

Jaya, I, M,. Sadia, I, W,. & Arnyana, I,. B,. P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Setting Guided Inquiri Untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4

Kurniawati, A,. Suliyanah,. & Qosyim. A. (2013). Pengembangan Bahan IPA Terpadu Tema Letusan Gunung Berapi Kelas VII di SMP Negeri 1 Kamal. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. Vol. 1 No. 2.

Kurt, K., W., & Pehlivan, M. (2013). Integrated Programs for Science and Mathematics: Review of Related Literature. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology. Vol. 1 No. 2.

Lepiyanto, A., & Pratiwi, D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Matakuliah Biologi Umum. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. Vol 1 No. 6.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nelson, E., W., Eigsti, H., Hammerich, A., & Ellison, N. (2013). Influence of Presentation Handout Completeness on Student in a Physical Therapy Curriculum. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning. Vol. 13 No. 3.

Nuh, M. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kemdikbud.

Nuh, M. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kemdikbud.

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Surabaya: Unesa.

Oktamagia, D, W., Fauzi, A., & Hidayati. (2013). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik di Kelas VIII SMPN 1 Sungai Tarab. Pillar Of Physics Education. Vol. 2.

Pantiwati, Y., Atok, M., H., & Tuti, K. (2014).Triple Approach Instruction to Improve Learning Process Outcome of Intergrated Science Subject. Journal of Education and Practicel. Vol. 5 No. 38.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 887 times | PDF view : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.