PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT SCORE DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII

Siska Sulistiani(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.13416

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Guppi Salotungo yang diajar dengan pemberian Reward and Punishment Score pada model kooperatif tipe TAI; (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Guppi Salotungo yang diajar model kooperatif tipe TAI; (3) Pengaruh pemberian Reward and Punishment Score pada model kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Guppi Salotungo Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalen control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Guppi
Salotungo. Pengambilan sampel melalui teknik Cluster Random Sampling sehingga terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang diberikan sesudah pembelajaran. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif hasil belajar diperoleh skor rata-rata 24,93 dengan rerata N-Gain 0,72 tergolong ke dalam kategori tinggi dan skor rata-rata 21,36 dengan rerata N-Gain 0,58 tergolong ke dalam kategori sedang pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t hasil belajar peserta didik memperlihatkan Ho ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian Reward and Punishment
Score pada model kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Guppi Salotungo pada materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya.


Full Text:

PDF

References


Alsa, Asmadi. (2011). Pengaruh Metode Belajar Team Assisted Individualization terhadap Prestasi Belajar Statistika pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi, Vol. 38, No. 1.

A. M, Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo persada.

Arikunto, Suharsimi. (1993). Manajemen Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Bumi Aksara: Yogyakarta.

Bhakti, Yoga Budi. (2015). Pengaruh Jumlah Alternatif Jawaban dan Teknik Penskoran Terhadap Reliabilitas Tes. Research and Development Journal of Education, Vol. 1, No. 2.

Hidayati, Nurul dan Suharningsih. (2016). Pengaruh pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kegiatan Pembelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Krian. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 4.

KBBI online. Kbbi.web.id.

Kaeruddin. (2016). Teknik Penskoran Tes Obyektif Pilihan Ganda. Jurnal Madaniyah. Vol.2 Edisi 11.

Rosyid, Moh. Zaiful,. & Abdullah, Aminol Rosid. (2018). Reward & Punishment dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Santoso, Budi. (2011). Inappropriatness Score Based on Item Response Theory. Jurnal Evaluasi Pendidikan, Vol. 2, No. 2.

Slamet,. & Maarif, Samsul. (2014). Pengaruh Bentuk Tes Formatif Assosiasi Pilihan Ganda dengan Reward dan Punisment Score pada Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Bandung, Vol. 3, No. 1.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. (2015). Metodeologi Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulistyaningsih., Eko., Ashadi., & Setyowati, Widiastuti Agustina Eko. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi Catatan Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIA pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 4, No.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 422 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.