IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 2 MARIORIWAWO

Nuruldin Al Islami(1*), Hasanuddin Hasanuddin(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12405

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kategori peningkatan keterampilan psikomotorik peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Marioriwawo setelah diajar menggunakan alat peraga IPA, (2) kategori peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Marioriwawo setelah diajar menggunakan alat peraga IPA, (3) implementasi penggunaan alat peraga IPA dapat meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik di kelas IX SMP Negeri 2 Marioriwawo, (4) implementasi penggunaan alat peraga IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IX SMP Negeri 2 Marioriwawo. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Marioriwawo, sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling dan terpilih kelas IX.3 yang berjumlah 21 orang sebagai sampel. Instrumen penelitian keterampilan psikomotorik adalah lembar unjuk kerja dan lembar observasi sedangkan hasil belajar berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 item soal yang telah divalidasi ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata peningkatan keterampilan psikomotorik peserta didik di kelas IX SMP Negeri 2 Marioriwawo setelah diajar menggunakan alat peraga IPA dengan skor N-Gain adalah 0,712 yang berkategori tinggi, (2) Rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas IX SMP Negeri 2 Marioriwawo setelah diajar menggunakan alat peraga IPA dengan skor N-Gain adalah 0,135 yang berkategori rendah, (3) Implementasi penggunaan alat peraga IPA dapat meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik di kelas IX SMP Negeri 2 Marioriwawo, (4) Implementasi penggunaan alat peraga IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IX SMP Negeri 2 Marioriwawo. Jadi, dapat disimpulkan bahwa implementasi penggunaan alat peraga IPA dapat meningkatkan keterampilan psikomotorik dan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Marioriwawo.


Full Text:

PDF

References


Anidityas, N. A., Utami, N. R., & Widiyaningrum, P. (2012). Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia pada Kualitas Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Journal.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baharuddin, Indana, S., & Koestari, T. (2017). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tugas Proyek Materi Sstem Ekskresi untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 82.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Phisics Indiana University USA.

Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.

Pramesty, R. I., & Prabowo. (2013). Pengembangan Alat Peraga KIT Fluida Statis sebagai Media Pembelajaran pada Sub Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.

Prasetyarini, A., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W. (2013). Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa pada SMP Negeri 1 Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi.

Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Rohimah, I., & Nursuprianah, I. (2016). Pengaruh Pemahaman Konsep Geometri terhadap Kemampuan Siswa dalam menyelesaikan Soal-Soal BIdang Datar. Jurnal EduMa.

Sakti, I. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Peraktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri q Kota Bengkulu. Jurnal Exacta.

Saleh, H. I., B, N., & Jumadi, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Sainsmat.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:
Jl. Daeng Tata Raya, Parangtambung, Tamalate, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90244
Email: jit@unm.ac.id
CP: 085255626679

Indexed by: