PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MAKASSAR (Studi pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia)

Nurwana Hikma(1), Ramlawati Ramlawati(2), Muhammad Aqil Rusli(3*),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.12347

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makassar yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi; (2) peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makassar yang dibelajarkan dengan menggunakan media konvensional; (3) pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makassar pada materi pokok sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi-Experiment) dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makassar dengan kelas VIII.5 dan kelas VIII.6 sebagai sampel. Instrumen penelitian hasil belajar berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 item soal yang telah divalidasi ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi sebesar 0,67%, sedangkan peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar yang dibelajarkan dengan mengggunakan media konvensional sebesar 0,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media animasi tterhadapp hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar.


Full Text:

PDF

References


Amin, S. F., Ramlawati, & Yani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media PPT terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal Ipa Terpadu.

Devanti, N., Sardimi & Jumrodah. (2015). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas VIII MTs Raudhatul Jannah Palangkaraya. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika. 3 (2), 7. https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.336

Dhiba, F., Wahyudi, A., & Hamid, A. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Animasi dan Media Gambar pada Materi Momentum Impuls. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 2.

Fitriani, A., Danial, M., & Wijaya, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Bungoro pada Konsep Ikatan Kimia. Jurnal Chemica. Vol. 15 No. 2.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change Gain Score. America: American Educational Research Methodology.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Noviyanto, T., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. EDUSAINS Vol 7 No 1, 57-63.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Saenab, S., Ramlawati, & Suryani, I. (2018). Pengaruh Media Video dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII Mts Negeri Gantarang Kab. Bantaeng. Jurnal IPA Terpadu.

Samudar, N., Ramlawati, & Sudarto. (2019). Pengaruh Media Puzzle pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Divisi Pencapaian Kelompok Peserta Didik terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Mappedeceng (Studi pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Manusia). Jurnal IPA Terpadu.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tiro, M. A. (2017). Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.